PEMBELAJARAN SENI MUSIK ANGKLUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP KRISTEN YBPK SIDOREJO KABUPATEN KEDIRI
LEARNING ANGKLUNG MUSIC DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT YBPK SIDOREJO CHRISTIAN JUNIOR HIGH SCHOOL KEDIRI REGENCY
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap Pembelajaran Seni. Salah satu pembelajaran yang terkena dampak selama pandemi ini adalah pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran Seni Musik Angklung pada masa pandemi Covid-19 di SMP Kristen YBPK Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Mata Pelajaran Seni Budaya dan peserta didik kelas VIII SMP Kristen YBPK Sidorejo. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo Kelas VIII Semester 2 pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Pada pembelajaran dilakukan beberapa penyesuaian KI/ KD, RPP, metode pembelajaran, cara penilaian dan jadwal pelajaran mengikuti dengan perkembangan peserta didik terhadap kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Guru menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek atau lebih dikenal dengan project based learning. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam praktik memainkan alat Musik Angklung dari jumlah 20 orang, 8 peserta didik memiliki keterampilan mahir dan 12 peserta didik terampil. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo dilaksanakan menggunakan basis project based learning dengan hasil peserta didik meliliki kemampuan terampil dalam bermain Musik Angklung.
The Covid-19 pandemic has had a major impact on Art Learning. One of the lessons that was affected during this pandemic was learning Angklung Music at the YBPK Sidorejo Christian Middle School. The purpose of this writing is to describe the implementation and learning outcomes of Angklung Music during the Covid-19 pandemic at YBPK Sidorejo Christian Middle School. This study uses qualitative methods by collecting data through observation, interviews, and documentation. The research subjects consisted of teachers of the Cultural Arts Subject and class VIII students of YBPK Sidorejo Christian Middle School. Data validation uses source, technique and time triangulation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study showed that Angklung Music Learning at YBPK Sidorejo Christian Middle School Class VIII Semester 2 during the Covid-19 pandemic was carried out in limited face-to-face situations while always adhering to health protocols. In learning, several adjustments were made to KI/KD, lesson plans, learning methods, methods of assessment and lesson schedules following the development of students towards learning conditions during the Covid-19 pandemic. Teachers use project-based learning methods or better known as project-based learning. The learning outcomes show that the learning outcomes of students in practicing playing the Angklung musical instrument out of a total of 20 people, 8 students have proficient skills and 12 skilled students. The conclusion is that learning Angklung Music at YBPK Sidorejo Christian Middle School is carried out using a project-based learning basis with the result that students have skilled skills in playing Angklung Music.