IMPLEMENTATION OF SCHOOL HEAD SUPERVISION IN THE IMPLEMENTATION OF THE SEMESTER CREDIT SYSTEM (SKS) IN SMA NEGERI 2 SURABAYA
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi sistem kredit semester (SKS) dan pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMAN 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam implementasi sistem kredit semester yaitu pemenuhan persyaratan administrasi dalam implementasi SKS, menentukan beban belajar peserta didik, pengelolaan kurikulum, membuat RPP yang akan digunakan sebagai acuan dalam belajar, mempersiapkan tenaga pendidik, mempersiapkan peran BK dalam memfasilitasi peserta didik, kelayakan sarana dan prasarana penunjang sistem kredit semester. Sedangkan pada pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam menangani permasalahan guru pada proses kegiatan belajar mengajar maupun dalam memfasilitasi peserta didik, mengetahui kendala-kendala dalam pengimplementasian sistem kredit semester (SKS).
Kata kunci: implementasi, sistem kredit semester, pelaksanaan supervisi kepala sekolah, permasalahan guru
The purpose of this study is to find out and describe how the implementation of the semester credit system (SKS) and the implementation of supervision conducted by the principal at SMAN 2 Surabaya. This study uses a descriptive qualitative method with a case study research design. Data collection techniques in this study used passive participant observation, interviews and documentation studies. Data analysis is performed by data condensation, data presentation and data verification. Whereas to test the validity of the data the researcher uses credibility, dependability, transferability and confirmability.
The results of this study indicate several things that need to be prepared in the implementation of the semester credit system, namely fulfilling administrative requirements in the implementation of SKS, determining the learning burden of students, managing curriculum, making lesson plans that will be used as a reference in learning, preparing teaching staff, preparing the role of BK in facilitating students, the feasibility of facilities and infrastructure supporting the semester credit system. While in the implementation of supervision carried out by the principal in dealing with teacher problems in the process of teaching and learning activities and in facilitating students, knowing the obstacles in implementing the semester credit system (SKS).
Keywords: implementation, semester credit system, supervision of school principals, teacher problems