Metode pembelajaran aktif (Active Learning) menekankan pada aktifitas belajar siswa, bukan hanya didasarkan pada proses mencatat maupun mendengarkan. Dalam prosesnya pembelajaran aktif tipe Quiz Team memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi secara bersama-sama dengan kelompoknya, melakukan aktifitas diskusi, saling berbagi arahan dan masukan, serta berbagi pertanyaan dan jawaban kepada sesama kelompok sehingga siswa yang lebih mengerti dapat mengajari siswa lain yang belum mengerti. Dalam metode ini siswa dilibatkan dalam menemukan, memproses, dan mengaplikasikan suatu informasi dari pada hanya mandengarkan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode active learning tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Sedangkan untuk desain penelitian ini termasuk dalam Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dengan tipe Noneequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan penerapan metode. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan Uji Mann Whitney dan Uji Wilcoxon melalui pre-test dan post-test pada setiap subjek yang diteliti.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan Uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 sehingga Ho diterima. Sedangkan pada hasil analisis menggunakan Uji Wilcoxon diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penlitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelass eksperimen sebesar 8,04 sedangkan pada kontrol diberoleh rata-rata hasil belajar sebesar 7,5.
Kata Kunci : metode active learning, quiz team, dan hasil belajar
Active Learning methods emphaise student learning activity, not only based on the process of recording and listening. In te process of active learning quiz team type method provides opportunities for students to learn material together whit their groups, conduc discussion activities, share directions, input and share questions to fellow groups so that students who are more understanding can teach other students not understanding. In this method students are involved in finding, processing, and applying information rather than just listening to the teacher.
This study aims to analyse the effect of active learning quiz team type method on student learning outcomes on economic in SMA Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. This research is included inexperimental research with quatitative methods. As for the design of this study included in Quasi Experimental Design with the Noneequivalent Control Group Design type. The subject in this study were X IPS 1 as the control class and X IPS 2 as the experimental class who given the application of the method. The analysis technique uses the Mann Whitney test and the Wilcoxon Test through pre-test and post-test on each subject studied.
Based on the results of the analysis using the Mann Whitney Test it is known that the value of Asymp Sig. (2-tailed) of 0,030<0,05 so Ho is accepted. While the results of the nalysis using the Wilcoxon Test know the value of Asymp Sig. (2-tailed) of ),000<0,05 so that Ho is accepted. Then it can be concluded that there are differences in learning outcomes between the control class and the experimental class leraning outcomes are higher than the control class which is indicated by the average value of the experimental class learning outcome of 8,04 while in the control learning outcmes are obtained at 7,5.
Keywords : active learning, quiz team, and learning outcomes