Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis media simulasi PhET yang layak di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik searah (DC). Desain penelitian menggunakan model 4-D dan diujicobakan di kelas XII SMA Negeri 11 Ambon semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan pra-eksperimental one group pretest – posttest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik, dan kendala-kendala yang dihadapi selama kegiatan belajar mengajar memiliki solusi yang baik; dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan dengan skor rata-rata adalah 86,6; (b) respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat positif, dan (c) aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tahapan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran inkuiri berbasis media simulasi PhET. Berdasarkan temuan pada ujicoba II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis media simulasi PhET yang di ujicobakan pada siswa kelas XII memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan efektifitas sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
This study aims to develop inquiry learning models media-based PhET simulations that are feasible in schools to improve student learning outcomes in the material of unidirectional (DC) electrical circuits. Design research use 4-D models and tested in class X II SMA 11 Ambon semester 2018/2019 academic year using a -experimental pre one group pretest - posttest design. Data collection uses validation, observation, tests, and questionnaires. Data were analyzed using descriptive analysis quantitative. The results of this study indicate: 1) learning devices developed in valid categories; 2) the practicality of learning devices in terms of the implementation of the RPP categorized very well, and the obstacles faced during teaching and learning activities have a good solution; and 3) the effectiveness of learning devices in terms of: (a) student learning outcomes have achieved completeness with an average score of 86.6 ; (b) the students' response to the device and the implementation of learning is very positive, and (c) activeity students for teaching and learning activities in accordance with the stages of learning based learning model PhET inquiry based media simulation . Based on the findings of the first trial, it can be concluded that the inquiry learning model based on the PhET simulation media which was tested on class XII students fulfilling the criteria of validity, practicality and effectiveness so that it is suitable to be used in learning.