Desain Intervensi Guru untuk Menumbuhkan Efikasi Diri Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar
Teacher Intervention Design to Enhance Elementary School Students' Mathematics Self-Efficacy
Bertumbuh seperti bunga teratai, peneliti juga ingin tumbuh dari lumpur kesulitan lalu mekar dengan keindahan penuh makna. Oleh karena itu, peneliti melakukan refleksi diri secara mendalam terhadap transformasi yang ada pada dirinya untuk dapat menyusun hal baru dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola intervensi efikasi diri matematika yang ada dalam diri dan kultur peneliti, serta mengembangkan dan menemukan dampak dari desain intervensi efikasi diri matematika untuk guru di sekolah dasar. Penelitian ini berjenis kualitatif tipe transformatif dan didactical design research. Penggunaan writing as inquiry dan writing critical auto|ethnography, membantu peneliti untuk melakukan refleksi kritis terhadap efikasi diri matematika sejak usia sekolah dasar melalui studi auto|ethnography. Peneliti juga melakukan wawancara semi terstruktur, observasi catatan lapangan, studi literatur, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data dalam mengembangkan desain intervensi melalui didactical design research. Hasil studi auto|ethnography menunjukkan terdapat pola intervensi yang dipengaruhi oleh faktor eksternal (guru, orang tua, dan teman sebaya) berupa 4 sumber utama efikasi diri. Tahap analisis didaktis pada didactical design research menghasilkan desain intervensi efikasi diri matematika yang selanjutnya dilakukan uji coba I dan dilanjutkan uji coba II, disertai dengan analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif untuk mengetahui dampak desain terhadap efikasi diri matematika peserta didik sekolah dasar. Adapun dampak desain intervensi menunjukkan mampu menumbuhkan efikasi diri matematika peserta didik berdasarkan indikator dimensi level, strength, dan generality secara bertahap melalui 2 kali implementasi. Melalui penelitian ini, peneliti bersama subjek penelitian dapat mengubah pandangan bahwa efikasi diri matematika dapat ditumbuhkan melalui intervensi yang baik. Dengan demikian, desain dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas untuk menumbuhkan efikasi diri matematika peserta didik sekolah dasar.
Kata Kunci: Desain Intervensi, Efikasi Diri Matematika, Sekolah Dasar
Growing like a lotus flower, the researcher also wishes to grow from the mud of difficulties and then bloom with meaningful beauty. Therefore, the researcher engages in deep self-reflection on the transformation within herself in order to create something new in her life. This research aims to identify the patterns of mathematics self-efficacy interventions that exist within the researcher and her cultural context, as well as to develop and assess the impact of a mathematics self-efficacy intervention design for elementary school teachers. This study is a qualitative, transformative type of research and didactical design research. The use of writing as inquiry and writing critical auto|ethnography helps the researcher to critically reflect on her mathematics self-efficacy since elementary school through an auto|ethnographic study. The researcher also conducts semi-structured interviews, field note observations, literature studies, and documentary studies to collect data in developing the intervention design through didactical design research. The results of the auto|ethnography study show that there is an intervention pattern influenced by external factors (teachers, parents, and peers) consisting of four main sources of self-efficacy. The didactical analysis phase in didactical design research results in a mathematics self-efficacy intervention design, which is then tested in trial I and followed by trial II, along with meta pedagogical analysis and retrospective analysis to determine the impact of the design on the mathematics self-efficacy of elementary school students. The impact of the intervention design shows that it can gradually enhance students' mathematics self-efficacy based on the indicators of level, strength, and generality through two implementations. Through this research, the researcher, along with the research subjects, was able to shift the perspective that mathematics self-efficacy can be fostered through effective interventions. Therefore, the design can be used by teachers in mathematics instruction to promote the mathematics self-efficacy of elementary school students.
Keywords: Intervention Design, Mathematics Self-Efficacy, Elementary School