Keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa yang penting yang harus dikuasai oleh siswa. Itu karena keterampilan berbicara adalah keterampilan produktif yang di mana siswa harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan. Namun, ada beberapa masalah dalam pengajaran dan pembelajaran berbicara, seperti siswa bersikap pasif dan tidak memiliki motivasi untuk belajar, siswa kurang komunikatif dalam kelas, guru jarang menggunakan media di kelas, teknik atau strategi guru kurang menarik minat siswa, dll. Oleh karena itu, melakukan penelitian terkait efek dari permainan monopoli terhadap keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh sangat diperlukan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli terhadap keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan quasi-eksperimental desain. Semua siswa kelas sepuluh SMA Islam Shafta adalah populasi sementara itu 63 siswa adalah sampel dalam penelitian ini. 32 siswa dari kelas X SOCIAL 1 sebagai grup eksperimen dan 31 siswa dari kelas X SOCIAL 3 sebagai grup kontrol. Rubrik penilaian keterampilan berbicara dan tes lisan sebagai instrumen penelitian. Baik hasil pre-test dan post-test adalah data dari penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan Mann-Whitney U Test untuk mengukur tingkat signifikasi dari hasil kedua tes. Itu karena hasil tes tidak terdistribusi normal.
Hasil tes menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) dari tes ini adalah .000 yang dimana kurang dari 0,050. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara grup kontrol dan grup eksperimen. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata yaitu 42,34 dari grup eksperimen, sedangkan 21,32 dari grup kontrol. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan permainan monopoli keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh. Permainan ini memberikan efek terhadap keterampilan berbicara siswa. Selain itu, the effect size dari tes adalah 0,64, yang artinya memiliki permainan ini memiliki efek besar. Dengan Singkat, permainan monopoli memberikan efek terhadap keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh dalam teks deskriptif. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan permainan monopoli dalam mengajar keterampilan berbicara dan keterampilan lainnya
Speaking skill is one of important language skill that should be mastered by the students. It is because speaking skill is productive skill where the students must have communication in English orally. However, there are some problems in teaching and learning speaking, such as students are passive and have no motivation, students’ less communicative in class, the teacher rarely use media in class, the teacher’s technique or strategy less interest the students, etc. Therefore, to conduct research related to the effect of monopoly game on tenth graders’ speaking skill is needed. Thus, this study aims to investigate the effect of monopoly game on tenth graders’ speaking skill.
This study is experimental research which apply quasi-experimental design. All tenth graders of SMA Islam Shafta is the population while 63 students’ is the sample in this study. There are 32 students in X SOCIAL 1 as experimental group and 31 students in X SOCIAL 3 as control group. Speaking assessment rubric and oral test as research instrument. Both the result of pre-test and post-test are the data of this study which are analysed by applying the Mann-Whitney U Test in order to measure the significant level of the score. It is because the result of the tests not normally distributed.
The result of the test showed that Asymp. Sig. (2-tailed) of the test is .000 which less than .050. It indicated that there is significant difference between control and experimental group. Moreover, there are significant different from mean rank score which is 42.34 from experimental group, while 21.32 from control group. It can be concluded that s there is significant difference in the use of monopoly game of tenth graders’ speaking skill. This game gives effect toward students’ speaking skill. In addition, the effect size of the test is .64, which it means it has large effect. In short, the monopoly game gives an effect toward tenth graders’ speaking skill in learning descriptive text. Thus, the researcher recommends to English teacher to apply monopoly game in teaching speaking and other skill.