Leadership Content Knowledge Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru di Era Digital
Leadership Content Knowledge of Principals in Improving Teacher TPACK Competencies in The Digital Era
Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis leadership content knowledge (pengetahuan kepemimpinan konten) kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi TPACK Guru di era digital. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan mempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, mengklasifikasi data yang sudah diperoleh sesuai dengan rumusan masalah. Kedua, melakukan analisis isi data yang telah dikaji secara kualitatif. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, kompetensi TPACK guru memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Sehingga mengharuskan guru untuk terus mengembangkan kompetensinya. Kedua, hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan kompetensi TPACK guru adalah pemahaman dari ketujuh komponen TPACK. Ketiga, leadership content knowledge (pengetahuan kepemimpinan konten) kepala sekolah mampu mempengaruhi, menggerakkan, mengembangakan dan memberdayakan guru dalam mengembangkan kompetensi TPACK di era digital dengan didukung oleh technology leadership. Keempat, kepala sekolah agar dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensi TPACK diperlukan pemahaman dan penguasaan tiap komponen dari TPACK.
Kata kunci: pengetahuan kepemimpinan konten, kompetensi TPACK guru, era digital
The purpose of writing this scientific article is to know, explain, and analyze the leadership content knowledge of the principal in improving the competence of TPACK Teachers in the digital era. The method used in the writing of this scientific article is the study of literature. Data were collected by studying the results of the relevant research and research. Data analysis is done by steps: First, classifiying the data that had been obtained according to problem formulation. Second, analyzing the content of the data that has been studied qualitatively. Third, draw conclusions and suggestions based on the results of analysis and interpretation of data. The results of the study learning in the digital era. This requires the teacher to continue to develop their competencies. Second, the thing that needs to be considered to develop the competence of TPACK teachers is the understanding of the seven components that move, develop and empower teachers in developing TPACK competencies in the digital era supported by technology leadership. Fourth, the principal in order to help teachers in improving TPACK competence requires understanding and mastery of each component of TPACK.
Keywords: leadership content knowledge, competence of TPACK teachers, digital era