Aisyah, Rizka. 2024. Pengembangan Video
Pembelajaran Marbel Baloka (Mari Belajar Budaya Lokal Lamongan) Dalam
Menstimulasi Kemampuan Literasi Budaya Dan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.
Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Ruqoyyah Fitri,
S.Ag., M.Pd., dan (2) Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: video pembelajaran, budaya
lokal, pendidikan bermutu, literasi budaya, motorik halus, anak usia dini.
Budaya lokal
Lamongan sangat beragam, perlu adanya pelestarian sejak usia dini. Penelitian
ini bertujuan: (1) Menguji kelayakan video Marbel Baloka; (2) Menguji
kepraktisan video Marbel Baloka; (3) Menguji keefektifan video Marbel Baloka
dalam menstimulasi literasi budaya; (4) Menguji keefektifan video Marbel Baloka
dalam menstimulasi motorik halus. Penelitian
pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dengan lima tahapan (Analisys,
Design, Development, Implement, Evaluate). Uji kelayakan oleh ahli media
dan ahli materi, uji kepraktisan terdiri dari guru dan anak, serta uji
keefektifan dengan 39 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan data angket dan
observasi dan dianalisis menggunakan teknik Uji Paired Sample T-test.
Penelitian menunjukkan: (1) Hasil validasi media dengan skor 84,44%, hasil validasi bahan penyerta dengan
skor 83,63%, serta validasi materi
dengan skor 84,61% dalam kategori sangat
layak; (2) Hasil uji kepraktisan pada guru dengan skor 83%, uji coba perorangan
dengan skor 100 %, uji coba kelompok kecil dengan skor 87,5%, uji coba kelompok
besar dengan skor 86,6% dalam kategori sangat praktis; (3) Hasil uji
efektifitas menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, bahwa video
Marbel Baloka efektif digunakan untuk meningkatkan literasi budaya anak usia
5-6 tahun; (4) Hasil uji efektifitas menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) bernilai
0,000 < 0,05, bahwa video Marbel Baloka efektif digunakan untuk meningkatkan
motorik halus anak usia 5-6 tahun.