ANALISIS MAKNA TANDA PADA KARAKTER WIRO DALAM GIM ONLINE ARENA OF VALOR
ANALYSIS THE MEANING OF SIGNS ON WIRO'S CHARACTER IN THE ONLINE GAME ARENA OF VALOR
Gim online berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet untuk bermain gim. Arena of Valor adalah gim strategi bergenre MOBA yang merilis Wiro sebagai hero kolaborasi dengan Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent dan Garena sebagai pengembang gim. Wiro diadaptasi dari karakter fiksi dalam serial novel karya Bastian Tito yaitu Wiro Sableng atau Pendekar 212 yang dirilis pada tahun 1967. Wiro menjadi hero lokal pertama dalam gim dengan desain karakter yang memiliki elemen pendukung sebagai hero tipe bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan teknik analisis visual Edmund Feldman, sedangkan pada tahap Interpretasi dilakukan dengan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengkaji tanda denotasi, konotasi, dan mitos terkait makna visual pada karakter Wiro dalam gim Arena of Valor. Hasil dari penelitian ini adalah hero Wiro merupakan adaptasi dari pendekar Wiro Sableng dengan menambahkan kesan baru yang mengikuti zaman tanpa meninggalkan satupun aspek yang terdapat pada karakter Wiro Sableng, mulai dari tato 212, senjata, kostum. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan pengalaman visualiasi baru pada hero Wiro dalam gim AOV mulai dari segi kostum dan elemenelemen gim online, serta penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya dalam menganalisis hero dalam gim online.
Online games are developing along with advances in technology and the increasing interest of the Indonesian people in using the internet to play games. Arena of Valor is a MOBA-genre strategy game that released Wiro as a collaborative hero with Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent, and Garena as game developers. Wiro was adapted from a fictional character in the novel series by Bastian Tito, namely Wiro Sableng or Pendekar 212, which was released in 1967. Wiro became the first local hero in a game with a character design that had supporting elements as a defensive-type hero. This research was conducted using a descriptive qualitative method using Edmund Feldman's visual analysis technique, while in the interpretation stage it was carried out using Roland Barthes' semiotic approach to examine denotation, connotation, and mythical signs related to the visual meaning of the character Wiro in the game Arena of Valor. The results of this study show that the hero Wiro is an adaptation of the warrior Wiro Sableng by adding a new impression that keeps up with the times without leaving any aspects of Wiro Sableng's character, starting from the 212 tattoos, weapons, and costumes. The conclusion of this study provides a new visualization experience for the hero Wiro in the AOV game starting from the perspective of costumes and online game elements, and this research can be a reference for future researchers in analyzing heroes in online games.