Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Trenggalek
Implementation of the Adiwiyata Program at SMA Negeri 2 Trenggalek
Tujuan penilitan ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi sekolah dalam mencapai sekolah adiwiyata, upaya sekolah dalam melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi dalam program adiwiyata, dan peran serta masyarakat dalam implementasi adiwiyata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, rancangan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data yang ada di lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, setelah melakukan tahap pertama kemudian melakukan kondensasi, kondensasi dilakukan oleh peneliti dengan memilah data dan menarik kesimpulan, kemudian barulah melakukan verifikasi data dan akhirnya menarik kesimpulan. Aktivitas dalam analisis data, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, strategi dalam mencapai adiwiyata di SMA Negeri 2 Trenggalek adalah dengan menerapkan empat indikator yakni, kebijakan kepala sekolah untuk adiwiyata, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan ligkungan berbasis partisipatif dan sarana prasarana ramah lingkungan. Kedua, penerapan program 5 jum’at yang sudah diatur oleh sekolah, kemudian kegiatan pembelajaran yang terintegrasi oleh lingkungan dilakukan oleh dewan guru dalam pemberian materi kepada siswa, meskipun dengan catatan tidak semua mata pelajaran terintegrasi oleh lingkungan hidup, dan yang terakhir adalah dengan ekstrakurikuler berbasis lingkungan. Ketiga, partisipatif orang tua melalui pemberian bantuan tanaman dan poster, terkadang juga di undang di jadikan narasumber dan turut partisipatif dalam penyuluhan tentang adwiyata
Kata Kunci: implementasi, strategi sekolah, adiwiyata, partisipasi masyarakat
The purpose of this research is to describe and analyze the school's strategy in achieving Adiwiyata school, the school's efforts to involve students to participate in the Adiwiyata program, and community participation in Adiwiyata implementation. This type of research is qualitative research, the design in this study uses a case study. The research location is in SMA Negeri 2 Trenggalek. The data collection techniques used were observation, interview and documentation study. This research begins by collecting existing data in the field using observation, interviews, and documentation studies, after doing the first stage then conducting condensation, condensation is carried out by the researcher by sorting the data and drawing conclusions, then only verify the data and finally draw conclusions. Activities in data analysis, namely data condensation, data presentation, and verification of data and drawing conclusions. The results showed that: First, the strategy in achieving Adiwiyata in SMA Negeri 2 Trenggalek is to apply four indicators, namely, the principal's policy for Adiwiyata, environmentally based curriculum, participatory-based environmental activities and environmentally friendly infrastructure. Second, the implementation of the 5 Friday program that has been regulated by the school, then integrated learning activities by the environment are carried out by the teacher council in providing material to students, although with a note that not all subjects are integrated by the environment, and the last is by extracurricular based environment. Third, parental participation through the provision of plant and poster assistance, sometimes they are invited to be used as resource persons and participate in counseling about adiwiyata
Keywords: implementation, school strategy, adiwiyata, society participation