Analisis Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik Kelas IX SMP Yayasan Pandaan pada Masa Pandemi COVID-19
ANALYSIS OF SCIENCE COMMUNICATION SKILLS FOR CLASS IX SMP YAYASAN PANDAAN IN PENDEMIC OF COVID-19
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi sains pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX di SMP Yayasan Pandaan pada masa pandemi COVID-19. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Yayasan Pandaan yang terdiri dari dua puluh lima peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner pada media google form. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan rerata skor dengan kategori kurang. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan komunikasi sains peserta didik kelas IX SMP Yayasan Pandaan pada era pandemi COVID-19 masih kurang yang dikarenakan beberapa faktor yaitu guru ix menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menjelaskan inti dari materi, guru tidak menggunakan zoom, dan peserta didik hanya diberikan tugas yang mengakibatkan peserta didik malas, sehingga keterampilan komunikasi sains peserta didik belum tercapai sepenuhnya.
This research was conducted with the aim of analyzing science communication skills in science learning class IX at SMP Pandaan Foundation during the COVID-19 pandemic. The research design used a qualitative descriptive. The subjects in this study were twenty-five students of grade IX at the Yayasan Junior High School in Pandaan. This research method uses a case study research method using a research instrument in the form of a questionnaire on google form media. Data analysis techniques in this study were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the mean score was in the bad category. The conclusion from this research is that the science communication skills of grade IX students of Junior High School Yayasan Pandaan in the era of the COVID-19 pandemic are still lacking due to several factors, namely the teacher using the WhatsApp application to explain the essence of the material, the teacher does not use zoom, and students are only given tasks that are resulting in lazy students, so that students' science communication skills have not been fully achieved