Penelitian ini menjelaskan tentang peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak usia Sekolah Dasar di Sumput Asri Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak usia Sekolah Dasar di Sumput Asri Kabupaten Gresik. Fokus penelitian adalah peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin pada anak usia Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teori peran dari Biddle dan Thomas. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara terstruktur. Informan dalam penelitian adalah tiga orang tua. Data wawancara dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak usia Sekolah Dasar adalah peran orang tua (ayah dan ibu) memberikan pendampingan dalam membentuk karakter disiplin selama di rumah di tengah musim pandemi Covid-19 walaupun dengan kondisi orang tua sedang bekerja akan tetapi bahu-membahu mewujudkan empat karakter disiplin yang diharapkan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak adalah kebiasaan dan perilaku yang dilakukan secara konsisten oleh orang tua. Faktor penghambat dalam pelaksanaan peran orang tua dalam membentuk karakter pada anak adalah pemilihan teman bermain yang kurang tepat. Kesimpulan bahwa peran dari orang tua sangat penting dalam membentuk karakter disiplin anak usia SD pada masa pandemi Covid-19.
This study describes the role of parents in shaping the discipline character of elementary school-age children in Sumput Asri, Gresik Regency. The purpose of this study is to describe the role of parents in shaping the discipline character of elementary school-age children in Sumput Asri, Gresik Regency. The focus of the research is the role of parents in shaping the character of discipline in elementary school-age children. This study uses the role theory of Biddle and Thomas. This type of research is qualitative research with a phenomenological approach. Data collection technique is structured interviews. Informants in the study were three parents. Interview data were analyzed using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the role of parents in shaping the disciplinary character of elementary school-age children is the role of parents (father and mother) providing assistance in forming disciplinary character while at home in the midst of the Covid-19 pandemic season even though the parents are working but work together to embody the four expected disciplinary characters. Supporting factors in carrying out the role of parents in shaping the character of a child's discipline are habits and behaviors that are carried out consistently by parents. The inhibiting factor in carrying out the role of parents in forming character in children is the selection of inappropriate playmates. The conclusion is that the role of parents is very important in shaping the disciplined character of elementary school age children during the Covid-19 pandemic.