PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
THE EFFECT OF APPLICATION OF TALKING STICK COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE READING COMPREHENSION OF STUDENTS IN CLASS V ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRAK
Nama : Arif Budi Astomo
NIM : 19010644071
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hendratno, M.Hum.
Pendidikan Bahasa Indonesia harus didukung oleh proses pembelajaran yang kondusif. Kerhasilan pemahaman siswa berhubungan dengan semakin tingginya tingkat penguasaan serta pemahaman materi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stixk pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Lokasi penelitian di SDN Milangasri 1 Magetan. Populasi yang digunakan siswa kelas V SDN Milangasri 1 Magetan, dan sampelnya kelas VA dan VB. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sedangkan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman dan variabel kontrolnya guru kelas eksperimen dan kelas kontrol, materi teks nonfiksi, indikator soal yang digunakan untuk soal pretest dan postest. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibiltas. Analisis hasil menggunakan uji normalitas, uji N-gain ternormalisasi, dan uji independent sample t – test.
Hasil uji hipotesis (independent sample t – test) menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ho ditolak atau ada pengaruh penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi teks nonfiksi kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji N-gain menunjukkan rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas kontrol memperoleh skor 0,60 yang termasuk kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh skor o,54 yang termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi teks nonfiksi kelas V dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa lebih baik.
ABSTRACT
Name : Arif Budi Astomo
Study Program : S-1
Major : Elementary Teacher Education
Faculty : Faculty Of Education
Name Of Institute : State University Of Surabaya
Advisor : Dr. Hendratno, M.Hum.
Indonesian language education must be supported by a conducive learning process. The success of student understanding relates to the higher level of mastery and understanding of learning material. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of reading comprehension skills using the Talking Stixk cooperative learning model for fifth grade elementary school students.
The research method used in this study was a quantitative experiment with a nonequivalent control group design. The research location is SDN Milangasri 1 Magetan. The population used was class V students at SDN Milangasri 1 Magetan, and the samples were VA and VB classes. The independent variable in this study is the Talking Stick cooperative learning model, while the dependent variable is reading comprehension ability and the control variable is the experimental and control class teachers, non-fiction text material, the question indicators used for pretest and posttest questions. The instruments used were test sheets and scoring rubrics. Data collection techniques using test techniques. The instrument analysis technique uses validity and reliability tests. Result analysis used normality test, normalized N-gain test, and independent sample t-test.
The results of the hypothesis test (independent sample t - test) show a value of Sig.(2-tailed) <0.05, which is 0.000, which means that Ho is rejected or there is an effect of using the Talking Stick type cooperative learning model on reading comprehension ability in class V nonfiction text material at school Base. The results of the N-gain test show that the average score of the experimental class is greater than that of the control class. The control class got a score of 0.60 which is in the medium category and the control class got a score of 0.54 which is in the low category. It can be concluded that the use of the Talking Stick cooperative learning model for reading comprehension skills in class V non-fiction text material can improve students' reading comprehension skills better.