Teacher's Roles in Applying Problem Solving Activity to Teach Speaking
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru dalam menerapkan aktivitas pemecahan masalah untuk mengajar berbicara. Ada tiga peran yang diperankan oleh guru tersebut ketika menerapkan aktivitas pemecahan masalah untuk mengajar berbicara. Pertama, guru berperan sebagai perancang suatu masalah. Kedua, guru berperan sebagai penasihat. Ketiga, guru berperan sebagai seorang penilai. Penelitian ini dilakukan pada 1 guru bahasa inggrisdan 1 kelompok yang terdiri dari 36 siswa. Psertanya adalah siswa kelas X SMKN 1 Jombang. Observasi dilakukan untuk mengetahui pengetahuan guru tentang perannya dalam menerapkan aktivitas pemecahan masalah dalam mengajar berbicara. Wawancara juga dilakukan kepada guru untuk mengetahui peran dalam menerapkan aktivitas pemecahan masalah dalam mengajar berbicara. Para peserta juga dibagika kuesioner untuk memperoleh pendapat mereka tentang efektivitas penerapan aktivitas ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tersebut memiliki peran yang baik ketika dia menggunakan aktivitas pemecahan masalah untuk mengajar berbicara dan dia mendapatkan respon yang bagus dari siswa. Penelitian ini juga mendukung pendapat dari Fadilah pada penelitiannya tahun 2015 ketika dia menggunakan aktivitas pemecahan masalah dalam mengajar berbicara. Penelitiannya menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dalam penggunaan metode ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Kata kunci: aktivitas pemecahan ,masalah, berbicara
The goal of this research is to find out the teacher’s roles in applying problem solving activity to teach speaking. There are three roles that teacher acted when applying problem solving activity to teach speaking. First, teacher acts as a problem designer. Second, teacher acts as a advisor. Third, teacher acts as a assessor.This research was carried out on 1 English teacher and 1 group of 36 students. The participants were the tenth graders of SMKN 1 Jombang. Observation was done to find out the teacher’s knowledge about her roles in applying problem solving activity to teach speaking. Interview also was done to the teacher to know the roles in applying problem solving activity to teach speaking. The participants were also given the questionnaire to elicit their opinion about the effectiveness of applying problem solving activity to teach speaking. The result showed that teacher has good roles when she used problem solving activity to teach speaking and she got good responses from the students. This research also support Fadilah’s opinion in 2015 when she used problem solving activity to teach speaking. Her research said that speaking skill by using this method can improve students’ speaking skill.
Keywords: problem solving activity, speaking