PENERAPAN PERMAINAN BINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA TINGKAT SMA
THE APPLICATION OF BINGO GAMES AS A MEDIA FOR LEARNING HIRAGANA LETTERS AT SENIOR HIGH SCHOOL
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan bingo yang digunakan sebagai media pembelajaran. Permainan bingo merupakan permainan yang mudah untuk dimainkan secara kelompok. Permainan bingo tidak membuthkan banyak bahan untuk mamainkannya. Dengan begitu, permainan bingo sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran huruf hiragana. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya antusias pembelajar bahasa Jepang khususnya tingkat SMA. Peserta didik merasa kesulitan dalam belajar terutama pada huruf hiragana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kepustakaan yaitu dengan menelaah laporan hasil penelitian atau teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data dengan mencari kajian-kajian yang relevan atau literatur dengan fokus bahasan yang sama yaitu tentang penerapan permainan bingo sebagai media pembelajaran huruf hiragana. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang meliputi 1 laporan penelitian skripsi dan 2 jurnal yang berisi fokus bahasan yang sama. Sebagai hasilnya, penelitian ini memfokuskan permainan bingo untuk pembelajaran huruf hiragana. Karena sifat dari permainan itu adalah mudah dan menyenanangkan. Hal itu dibuktikan dalam beberapa tulisan pertama pada tulisan Ismayani (2015), yang kedua pada tulisan Citra, dkk (2018) dan ketiga pada tulisan Jaya, dkk (2019). Pada tulisannya mengatakan bahwa permainan bingo terbukti efektif dalam penggunannya sebagai media pembelajaran huruf hiragana. Hasil dari diterapkannya permainan bingo membawa dampak positif yaitu dengan meningkatnya hasil belajar siswa
The purpose of this of this research is to find out how the application of bingo games are used as learning media. Bingo is an easy game to play in groups. Bingo games don”t need a lot of material to play it. Therefore, bingo games are very suitable as learning media for hiragana letters. This research is motivated by the lack of enthuasiasm of Japanese language learners at the senior high school. They find it difficult to learn of hiragana. The method used in this research is to use the method of literature that is to examine research reports of theories that are relevant to the research to be conducted. Data collection techniques by finding relevant studies or literature with the same focus on the use of bingo games as learning media for hiragana letter. This study are secondary data which includes 1 thesis and 2 journals that contain the same focus. As a result, I focused bingo games for hiragana learning. Because the source of the game is easy and fun. It is proven in several writings, first on the writing Ismayani (2015), the second in writing Citra, dkk (2018), and the last in writing Jaya, dkk (2019). In their writing said that the bingo game proved effective in its use as a medium for learning of hiragana. The results of the implementation of bingo games have a positive impact by increasing student learning outcomes.