KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG BUDAYA DAN MUTU SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA
THE ROLE OF THE PRINCIPALS LEADERSHIP IN SUPPORTING THE CULTURE AND QUALITY OF CATHOLIC JUNIOR HIGH SCHOOL ANGELUS CUSTOS II SURABAYA
Mala, Yuliana. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mendukung Budaya dan Mutu Sekolah SMPK Angelus Custos II Surabaya. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. dan (II) Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd
Kata-kata Kunci: Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, budaya sekolah, Mutu sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam Mendukung budaya sekolah di SMP Angelus Custos II. (2) Mendeskripsikan bagaimana Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam Mendukung Mutu sekolah di SMP Angelus Custos II.
Dalam penelitian berpendakatan Kualitatif ini, bila ditinjau dari jenis penelitian menggunakan kualitatif deksriptif. Dalam metode ini digunakan 6 subjek sebagai sumber informasi yaitu; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru/pendidik, tenaga kependidikan, karyawan dan orang tua peserta didik.
Peneliti Menyimpulkan bahwa: (1) Dengan adanya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung budaya dan mutu di SMPK Angelus Custos II Surabaya, semakin banyak kegiatan yang lebih diperhatikan dan dijalankan dengan baik sehingga dinilai sebagai elemen penting dalam menentukan arahnya keberhasilan sekolah. Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung budaya dan mutu sekolah dimana kepala sekolah harus memahamai kultur sekolah dan menyadari bahwa hal itu tidak lepas dari peran kepemimpinannya. Sehingga kepala sekolah yang cukup perhatian dan komitmen dalam peran kepemimpinan dan peduli terhadap bawahannya, maka akan bisa menguatkan kultur sekolah yang baik. Terwujudnya visi, misi, dan tujuan sekolah ini perlu didukung dengan program-program sekolah yang tegas dan rinci yang mengarah pada terwujudnya budaya dan mutu sekolah yang baik. (2) Budaya dan Mutu SMPK Angelus Custos II Surabaya sudah cukup maksimal. Dengan terstrukturnya program penerapan nilai-nilai budaya sekolah, fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang cukup lengkap, seperti ruangan laboratorium, ruangan ektrakulikuler sampai dengan kebutuhan warga sekolah yang cukup terpenuhi.
Mala, Yuliana. 2021. Principal Leadership Role in Supporting the Culture and Quality of Junior High School Angelus Custos II Surabaya. Thesis, Education Management Study Program, Postgraduate University of Surabaya. Advisors: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. and (II) Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd
Keywords: Leadership Role, Principal, School Culture, School Quality.
This study aims to describe: (1) The headmasters leadership role in Supporting school culture at Junior High School Angelus Custos II Surabaya. (2) Describe how the headmasters leadership role in supporting the quality of the school at Junior High School Angelus Custos II.
In this qualitatively based research, when reviewed from the type of research using qualitative descriptive. In this method are used 6 subjects as a source of information that is principals, deputy principals, teachers or educators, educational personnel, employees and parents of students.
The researcher concluded that: (1) With the role of the principals leadership in supporting the culture and quality at Junior High School Angelus Custos II Surabaya, more and more activities are more considered and well executed so that it is considered as an important element in determining the direction of school success. The role of the headmaster's leadership in supporting the culture and quality of the school where the principal must understand the culture of the school and realize that it is not separated from the leadership role. So that the headmaster who is quite attentive and committed in the role of leadership and care for his subordinates, it will be able to strengthen the culture of a good school. The realization of the vision, mission, and objectives of this school needs to be supported by strict and detailed school programs that lead to the realization of a good school culture and quality. (2) The culture and quality of Junior High School Angelus Custos II Surabaya is quite maximal. With the structured program of applying school cultural values, school facilities and infrastructure are quite complete, such as laboratory rooms, extracurricular rooms to the needs of school residents are sufficiently met.