Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligence (MI) yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan model Dick & Carey. Uji coba dilaksanakan menggunakan one group pretest-posttest design di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tuban. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, dokumentasi, tes, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan uji statistik non parametrik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran berbasis MI yang dikembangkan berkategori valid dan sangat valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari: a) Keterlaksanaan RPP berkategori praktis, b) Aktivitas peserta didik terlaksana dengan baik sesuai tahap-tahap pada model CERDAS, dan c) Respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran berkategori sangat positif; dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: a) Peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan produk terlihat dari n-gain dengan kategori tinggi, dan b) Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dari n-gain dengan kategori tinggi dan hasil analisis uji statistik non parametrik, yaitu: (1) kemampuan berpikir kritis awal pada kelas satu dengan kelas yang lain tidak terdapat perbedaan, (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik terdapat peningkatan, dan (3) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas satu dengan kelas yang lain tidak terdapat perbedaan peningkatan. Perangkat pembelajaran berbasis MI melalui model CERDAS yang dikembangkan disimpulkan bahwa valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
This study aims to develop learning devices based on multiple intelligences (MI) that are valid, practical, and effective to train the understanding of concepts and critical thinking skills of students. This development research follows the flow of the Dick & Carey model. The trial was conducted using one group pretest-posttest design in class XI MIPA of SMA Negeri 1 Tuban. Data collection using methods of validation, observation, documentation, tests, and questionnaires were analyzed descriptively quantitative, qualitative, and non-parametric statistical tests. The results of the research analysis showed that: 1) Teaching material based on MI developed were valid and very valid; 2) The practicality of learning material in terms of: a) The implementation of lesson plans in practical categories, b) Student activities are carried out well according to the stages in the CERDAS model, and c) Students responses to the material and implementation of learning in category are very positive; and 3) The effectiveness of learning material in terms of: a) Increasing students understanding of concepts in aspects of knowledge and aspects of product skills seen from n-gain with a high category, and b) Increasing students critical thinking skills shown from n-gain with high categories and the results of the analysis non-parametric statistical tests, namely: (1) the ability to think critically in the first grade with other classes there is no difference, (2) there is an increase in students critical thinking skills, and (3) students critical thinking skills in first grade with other classes there is no difference in improvement. The teaching material based on MI through the CERDAS model developed have concluded that it was valid, practical, and effective to train students understanding of concepts and critical thinking skills.