SURVEI KEMAMPUAN LITERASI KESEHATAN SISWA DI SMPN 5 SIDOARJO
SURVEY OF STUDENTS' HEALTH LITERACY ABILITY AT SMPN 5 SIDOARJO
ABSTRAK
Nama : Rivaldi Dwi Septyatno
NIM : 18060464171
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M. Kes.
Literasi kesehatan yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu terkait kesehatan dalam mengakses, memahami, dan mengelola segala informasi yang didapatkan untuk dapat diterapkan dalam menjaga kesehatannya. Mengingat bahwa generasi muda yang sedang duduk di bangku SMP menjadi tanggung jawab bagi bidang pendidikan, sehingga keikutsertaannya dalam meningkatkan literasi kesehatan sangat diharapkan. Tingkat kesehatan Indonesia yang masih diperingkat ke-13 dari 19 negara di G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Siswa SMP sangat sering mengakses informasi melalui internet, tetapi belum ada bukti bahwa akses informasi kesehatan yang mereka lakukan juga tinggi. Dari hal tersebut maka perlu diperbaiki dengan menganalisis tingkat literasi kesehatan pada siswa di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat kemampuan literasi kesehatan siswa di SMPN 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan non eksperimental. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Sidoarjo kelas IX yang berjumlah 328 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket HLS EU Q-16 yang telah disediakan oleh the European Commission and the national partners in the HSL-EU Consortium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei literasi kesehatan yang dilakukan pada siswa SMPN 5 Sidoarjo termasuk dalam kategori literasi kesehatan yang memadai sebanyak 81,89%.
Kata kunci: Literasi Kesehatan, Kemampuan literasi, Siswa.
ABSTRACT
Name : Rivaldi Dwi Septyatno
Study Program : S-1 Physical Education, Health and Recreation
Department : Sport Education
Faculty : Faculty of Sports and Health Sciences
Institution Name : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M. Kes.
Health literacy is the ability possessed by an individual regarding health to access, understand and manage all information obtained so that it can be applied in maintaining their health. Considering that the younger generation who are currently in junior high school are responsible for the education sector, their participation in improving health literacy is highly expected. Indonesia's health level is still ranked 13th out of 19 countries in the G20 or Group of Twenty, which is the main forum for international economic cooperation consisting of countries with large economies in the world consisting of 19 countries and 1 European Union institution. Junior high school students very often access information via the internet, but there is no evidence that their access to health information is also high.From this, it needs to be improved by analyzing the level of health literacy among students in Indonesia. The aim of this research is to determine the level of health literacy abilities of students at SMPN 5 Sidoarjo. This research used a type of survey research with a non-experimental approach. The research method used is a quantitative method with an ex post facto approach. The population in this study was 328 students of SMPN 5 Sidoarjo class IX. The instrument used in this research is the HLS EU Q-16 questionnaire which has been provided by the European Commission and the national partners in the HSL-EU Consortium. The research results showed that the health literacy survey conducted on students at SMPN 5 Sidoarjo was included in the adequate health literacy category at 81.89%.
Keywords: Health Literacy, Literaci’s Ability, Students.