Penelitian ini bertujuan menghasilkan KIT Praktikum Penentuan Persamaan laju Reaksi beserta perangkatnya yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk melatihkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada sub materi Penentuan Persamaan Laju Reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan/Research and Development (R&D). Instrument penelitian yang digunakan terdiri atas lembar telaah dan lembar validasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui validitas KIT Praktikum beserta perangkat yang dikembangkan. Media dikatakan layak apabila telah memenuhi 4 kriteria yaitu kevalidan isi, kevalidan konstruk, kepraktisan, dan keefektifan. Media yang dikembangkan telah dinyatakan layak dari segi kevalidan isi yang ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata validasi isi KIT Praktikum sebesar 86,67 %, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 82,78 %, dan Buku Panduan Praktikum sebesar 86,67 %. Media yang dikembangkan telah dinyatakan layak dari validitas konstruk yang ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata validasi konstruk KIT Praktikum sebesar 87,78 %, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 83,33 %, dan Buku Panduan Praktikum sebesar 84,17 %. Media yang dikembangkan telah dinyatakan praktis yang ditunjukkan dengan perolehan rata-rata persentase angket respon siswa untuk KIT Praktikum sebesar 87,96 %, untuk Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 89,58 % dan untuk Buku Panduan sebesar 76,67 %. Media yang dikembangkan telah dinyatakan efektif yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai hasil belajar kognitif berada pada kategori “Sedang” dan “Tinggi” dengan ketuntasan klasikal 100 %, peningkatan nilai keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan media KIT Praktikum Penentuan Persamaan Laju Reaksi berada pada kategori “Tinggi” dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,67%, dan observasi aktivitas siswa mencapai 96,30 %.
This study aims to produce Practical KIT Determination of Reaction Rate Equations and their proper devices used as learning media to train students' Science Process Skills (KPS) on the sub-material for Determining Reaction Rate Equations. The method used in this study is design research and development / Research and Development (R&D). The research instrument used consisted of a review sheet and a validation sheet. Data analysis was carried out in quantitative descriptive to determine the validity of KIT Practicum along with the devices developed. The media is said to be feasible if it has fulfilled four criteria, namely validity of content, construct validity, practicality, and effectiveness. The developed media has been declared feasible in terms of the validity of the contents as indicated by the acquisition of the average percentage validation of the contents of the KIT Practicum of 86.67%, Student Worksheets of 82.78%, and the Practical Guidebook of 86.67%. The developed media has been declared feasible from construct validity as indicated by the acquisition of the average percentage of construct KIT Practicum constructs of 87.78%, Student Worksheets of 83.33%, and Practical Guidebook of 84.17%. The developed media has been stated to be practical as indicated by the acquisition of the average percentage of student response questionnaires for Practicum KIT of 87.96%, for Student Worksheets of 89.58% and for Guidebooks of 76.67%. The developed media has been declared effective as indicated by the increase in the value of cognitive learning outcomes in the "Medium" and "High" categories with 100% classical completeness, an increase in the value of science process skills of students after using the KIT Practicum media. "With classical completeness reaching 91.67%, and observation of student activities reached 96.30%.