ABSTRAK
Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada dua sekolah yaitu di SDN Sambikerep 1 dan SDN Beringin, pembelajaran masih cenderung membosankan dan pendidik kurang dapat menarik perhatian siswa. Pada proses pembelajaran yang dilakukan di kedua sekolah ini sama-sama masih belum terdapat sentuhan keceriaan saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa hanya duduk diam sembari mendengarkan materi yang disajikan oleh guru. Dan akhirnya hasil belajar siswa kelas V di dua sekolah ini masih banyak yang berada dibawah standart, yaitu sebanyak 57 % pada SDN Sambikerep 1 dan sebanyak 55 % pada SDN Beringin. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menawarkan sebuah metode berbasis cerita. Metode yang peneliti tawarkan adalah metode dongeng “Mister Water”. Metode dongeng “ Mister Water” adalah sebuah metode dongeng yang menceritakan proses siklus air tanah dengan aktivitas menyenangkan yang dihadirkan didalam kelas berupa gerakan siswa dan menyuarakan suara unik saat dongeng berlangsung. Kegiatan-kegiatan tersebut akan menarik minat siswa pada materi yang disampaikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya pengaruh metode dongeng “mister water” pada materi siklus air tanah terhadap hasil belajar siswa kelas V kecamatan sambikerep . Metode yang digunakan adalah quasi experimen dengan model pretest-posttest control Group Design. Data yang digunakan berupa tes yaitu dalam bentuk pretes dan postest yang diberikan kepada kedua kelompok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini memberi pengaruh positif berupa peningkatan hasil belajar bagi peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh hasil bahwa t hitung= 1,941491 dan t tabel dengan db= 30 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,67155. Jadi, t hitung > t tabel yaitu, 1,941491 > 1,67155. Maka dapat disimpulkan bahwa metode dongeng “mister water” pada materi siklus air tanah berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas V Kecamatan Sambikerep Surabaya. Dan metode dongeng “mister water” dapat menjadi pilihan metode yang tepat untuk mengajarkan materi siklus air tanah.
Kata Kunci : Metode Dongeng “Mister Water”, Hasil Belajar, Siklus Air Tanah
ABSTRACT
Observations made by researchers at two schools, namely in SDN Sambikerep 1 and SDN Beringin, learning still tends to be boring and educators are less able to attract students' attention. In the learning process carried out in these two schools, there is still no touch of joy when the learning process takes place and students just sit still while listening to the material presented by the teacher. And finally there are still many students in these two schools that are under the standard, which is as much as 57% in Sambikerep 1 Elementary School and as many as 55% in Beringin Elementary School. Based on these problems, researchers offer a story-based method. The method that the researcher offers is "Mister Water" fairy tale method. "Mister Water" fairy tale method is a fairy tale method that tells the story of the groundwater cycle process with fun activities that are presented in the classroom in the form of student movements and voicing unique voices during fairy tales. These activities will attract students' interest in the material presented.
The purpose of this study was to describe the influence of the "mister water" fairy-tale method on groundwater cycle material on the learning outcomes of fifth grade students in Sub-district Sambikerep . The method used was quasi-experimental with control pretest-posttest group design. The data used in the form of tests are in the form of pretest and posttest given to both groups.
The results of this study indicate that this study has a positive influence in the form of improving learning outcomes for students. This is evidenced from the results of the t-test analysis that the results obtained = 1.941491 and t table with degree of freedom = 30 at the 5% significance level is 1.67155. So t test > t table that is, 1.941491> 1.67155. Then, it can be concluded that of "mister water" fairy tale method in the groundwater cycle material influences the learning outcomes of class V students of Sub-district Sambikerep Surabaya. And the tale "mister water" method can be the right choice for teaching the material of the groundwater cycle.
Keywords : “Mister Water” Tale Method, Result Learning, Groundwater Cycle