ABSTRAK
STUDI DESKRIPTIF PEMAHAMAN ORANG TUA TENTANG CARA PEMBERIAN PERATURAN PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK
Nama : Rohmah Nuraini
NIM : 15010684007
Program Studi : SI
Jurusan : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Mas’udah, M. M.Pd
Kemajuan teknologi semakin hari berkembang sangat pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sangat merubah pola pikir manusia menjadi pola pikir serba instan, salah satu bentuk perkembangan teknologi pada saat ini yang beredar dimasyarakat adalahgadget. Gadget merupakan benda yang berisi aneka aplikasi yang telah terkenal dikalangan orangtua maupun benda yang menjadi sahabat yang dekat dengan anak. Penggunaan gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa melainkan anak-anak juga menggunakan untuk bermain game dan melihat youtobe. Peraturan penggunaan gadget sangat penting untuk diberikan kepada anak agar anak dalam menggunakan gadget dapat terkontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman orang tua tentang cara pemberian peraturan penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak dan mengetahui dampak gadget pada perkembangan sosial emosional anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara pada orangtua, dokumentasi menggunakan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman orangtua tentang cara pemberian peraturan penggunaan gadget kepada anak : 1. Orangtua belum memberikan kesepakatan kepada anak tentang peraturan penggunaan penggunaan gadget, 2. Dalam waktu jam istirahat anak lebih menghabiskan waktu bermain gadget daripada bermain dengan teman-temanya, 3. Dalam penelitian ini anak menggunakan gadget tanpa adanya kesepekatan atau peraturan dalam penggunaan gadget. Dampak gadget pada perkembangan sosial emosional yaitu : 1. Anak tidak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya, 2. Anak menjadi kecanduan gadget, 3. Anak lebih suka menyendiri karena saat bermain gadget anak lebih asyik bermain dengan gadget daripada bermain dengan temanya. Hal ini pemahaman orangtua tentang pemberian peraturan penggunaan gadget sangat perlu untuk diberikan kepada anak agar tidak menjadi dampak pada perkembangan sosial emosional pada interaksi sosial anak.
Kata Kunci : Gadget, Pemberian Peraturan, Anak usia Dini
ABSTRACT
DESCRIPTIVE STUDY OF UNDERSTANDING OF PARENTS ABOUT HOW TO GIVE THE REGULATION OF THE USE OF GADGET IN EMOTIONAL SOCIAL DEVELOPMENT OF CHILDREN
Name : Rohmah Nuraini
Programe : SI
Departement : Teacher Education Of Early Childhood Education
Faculty : Faculty of Science Education
Institute : State University of Surabaya
Adviser : Dra. Mas’udah, M. M.Pd
Technological advances are increasingly rapidly developing in accordance with the time. The development of technology in the present era greatly change the human mindset into an instant mindset, one form of technological development currently circulating in the community is gadgets. The gadget is an object that contains various applications that are well known among parents and object that become close friends with children. The use of gadgets is not only used by adults but children also use to play games and see youtobe. Regulations on the use of gadgets are very important to give to children so that children can use the gadget to be controlled. The purpose of this study is to describe parents' understanding of how to regulate the use of gadgets in children's social emotional development and knowing the impact of gadgets on children's social emotional development.
This study a descriptive qualitative research approach, data collection techniques using observation techniques of passive participation, interviews with parents, documentation using photo documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman models, namely data reduction, data display, and conclusion drawing.
The results of this study are parents' understanding of how to regulate the use of gadgets to children: 1. Parents have not given an agreement to the child about the rules for using gadgets, 2. During recess hours children spend more time playing gadgets than playing with friends, 3 In this study, children use gadgets without any agreement or regulation in the use of gadgets. The impact of the gadget on emotional social development are: 1. Children cannot socialize with peers, 2. Children become addicted to gadgets, 3. Children prefer to be alone because when playing gadget children are more fun playing with gadgets than playing with themes. This understanding of parents about the regulation of the use of gadgets is very necessary to give to children so as not to be an impact on social emotional development on children's social interactions.
Keywords: Gadgets, Regulations, Early Childhood