PERAN GENDER SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL MUQODDASAH
GENDER ROLE OF STUDENTS AT AL MUQODDASAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL
Gender adalah Hal yang mendasar dalam berkehidupan sosial, dimana salah satu aspek paling penting pada Gender Salah satunya Peran Gender, Peran Gender merupakan suatu karakteristik tingkah laku yang diharapkan oleh masyarakat untuk laki-laki dan perempuan yang mencakup sikap, atribut, perilaku dan nilai yang diikuti oleh masyarakat setempat. perubahan yang pesat dalam kondisi bersosial dan bermasyarakat ini harus juga diimbangi dengan pemahaman gender yang lebih terbuka terutama pada Peran Gender, karna jika pada Peran gender sudah terjadi pembebalan maka akan melahirkan diskriminasi Gender. Pada Masa-masa Remaja inilah individu akan lebih banyak ingin tahu mengenai identitas dirinya dan peran apa yang harus ditunjukan dalam masyarakat. Maka diperlukannya pemahanan mengenai peran gender dan pemahaman diri agar dapat membentuk peran gender yang sesuai dengan identitas gendernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi peran gender santriwan dan santriwati di pondok pesantren Al Muqoddasah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode Survei. Subjek penelitian ini adalah spada penelitian ini sebanyak 138 Santri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner yang disebarkan secara offline kepada santriwan dan santriwati dipondok pesantren Al Muqoddasah. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat sebanyak 31% subjek yang memiliki peran gender androgini, sebanyak 25% subjek yang memiliki peran gender Maskulin, sebanyak 23% Subjek memiliki peran gender Feminin, dan sebanyak 21% subjek memiliki peran gender Undifferentiated Kata Kunci: Gender, Peran Gender, Pondok Pesantren
Gender is a fundamental thing in social life, where one of the most important aspects of Gender is Gender Roles, Gender Roles are behavioral characteristics expected by society for men and women which include attitudes, attributes, behaviors and values that are followed by the local community. Changes in social condition and community conditions must also be balanced with a more open understanding of gender, especially on Gender Roles, because if there are gaps in Gender Roles, it will result in Gender discrimination. in the Adolescent Phase, individuals will want to know more about their identity and what role they should play in society. So it is necessary to understand gender roles and self-understanding in order to form gender roles that are in accordance with their gender identity. This study aims to determine the gender role orientation of santriwan and santriwati in Al Muqoddasah Islamic boarding school. This research was conducted with a quantitative descriptive approach with the survey method. The subjects of this study were 138 students. The data collection technique was carried out by using a questionnaire that was distributed offline to students in the Al Muqoddasah boarding school. The results of this study are that there are as many as 31% of subjects who have an androgynous gender role, as many as 25% of subjects have a Masculine gender role, as many as 23% of the subjects have a Feminine gender role, and as many as 21% of the subjects have an Undifferentiated gender role.