Analysis of Youtube Useful German With Chris as a Teaching Material for Speaking Skill in 12nd Grade First Semester
Saat ini pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman dinilai sangat kurang hal itu dibuktikan dengan banyaknya siswa yang masih salah dalam mengucapkan Wortschatz maupun Redemittel. Hal itu dapat diatasi dengan penggunaan metode, bahan ajar, dan media pembelajaran yang tepat. Di era teknologi saat ini penggunaan youtube sebagai bahan ajar berbasis multimedia banyak digemari oleh sebagian besar generasi Z. Salah satu kanal youtube yang dapat dijadikan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jerman siswa adalah kanal Useful German with Chris. Kanal ini memuat berbagai materi pembelajaran Bahasa Jerman dengan kemudahan dapat diakses kapan pun dan di mana pun, terdapat bermacam-macam tema dalam setiap videonya, mengandung animasi yang menarik serta suara yang diisi oleh penutur asli Bahasa Jerman sehingga dapat menjadi contoh yang jelas agar siswa dapat menirukan perkataan dengan benar. Pada artikel ini, video yang dianalisis berjudul Meine Hobbys. Rumusan masalah pada artikel ini adalah bagaimana kesesuaian isi materi video Useful German with Chris - Meine Hobbys sebagai bahan ajar keterampilan berbicara Bahasa Jerman untuk siswa kelas XII semester ganjil berdasarkan kurikulum 2013. Serta bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara bahan ajar kanal Youtube Useful German with Chris dengan Kuruikulum 2013 untuk siswa kelas XII semester ganjil dengan keterampilan berbicara jenis bercerita terkait tema Freizeitbeschӓftigung und Hobbys. Penulisan pada artikel ini diolah dengan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kanal youtube Useful German with Chris - Meine Hobbys, dan datapenelitian ini dikumpulkan dari isi materi dalam konten video yang berupa wacana lisan berisiWortschatz maupun Redemittel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, lalu dilanjutkan dengan teknik catat untuk pencatatan dari sesuatu yang disimak secara tertulis. Setelah semua data telah dikumpulkan, maka langkah selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan teknik analisis isi dengan cara menganalisis kesesuaian antara butir materi dari konten video dengan materi siswa kelas XII semester ganjil tema Freizeitbeschӓftigung und Hobbyyang terdapat pada Kurikulum 2013. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 80%. Sehingga dengan angka presentase tersebut video youtube Useful German with Chris disimpulkan sangat sesuai sebagai bahan ajar keterampilan berbicara dengan jenis bercerita tema Freizeitbeschӓftigung und Hobby untuk siswa kelas XII semester Ganjil.
Kata Kunci: Berbicara, Video Useful German with Chris, Kurikulum 2013
Currently learning German speaking skills is considered very lacking, it is proven by the number of students who are still wrong in pronouncing Wortschatzand Redemittel. This can be overcome by using appropriate methods, teaching materials, and learning media. In the current technological era, the use of YouTube as a multimedia-based teaching material is favored by most of Generation Z. One of the YouTube that can be used as teaching materials to improve students's German speaking skills is the Useful German with Chris. This channel contains a variety of German learning materials that can be easily accessed anytime and anywhere, there are various themes in each video, it contains interesting animations and sounds filled by native German speakers so that it can be a clear example for students to learn. imitate the words correctly. In this article, the analyzed video is entitled Meine Hobbys. The formulation of the problem in this article is how the content of the - Meine Hobbys video as teaching material for German speaking skills for class XII odd semester students based on the 2013 curriculum. Chris withThe 2013 curriculum is for odd semester 12th graders with storytelling speaking skills related to the theme Freizeitbeschӓftigung und Hobbys. The writing in this article is processed with qualitative descriptive. The source of data in this study is the youtube Useful German with Chris - Meine Hobbys, dan dataThis research was collected from the content of the video content in the form of oral discourse containing Wortschatz and Redemittel. The technique used in this study is the listening technique, then continued with the note-taking technique for recording something that has been listened to in writing. After all the data has been collected, the next step is data analysis using content analysis techniques by analyzing the suitability between the material items from the video content and the material for the odd semester class XII students with the Freizeitbeschӓftigung und Hobbycontained in the 2013 Curriculum. 80% conformity. So with this percentage figure, the YouTube video Useful German with Chris is concluded to be very suitable as teaching material for speaking skills with the type of storytelling with the theme Freizeitbeschӓftigung und Hobbyfor class XII students in First semester.
Keywords : Speaking, Video Useful German with Chris, Curriculum 2013