Pratiwi, Nurina Kusuma Ayu. 2019. Pengembangan Modul Conceptual Change (MCC) berbasis Model Mental untuk Mereduksi Miskonsepsi pada Materi Struktur Atom. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., dan (2) Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes.
Kata-kata Kunci: modul conceptual change, model mental, persepsi, reduksi miskonsepsi
Miskonsepsi memiliki hubungan erat dengan model mental. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul conceptual change (MCC) berbasis model mental untuk mereduksi miskonsepsi (MK) siswa pada materi struktur atom. MCC yang dikembangkan sejumlah tiga modul yaitu MCC konsep orbital, konfigurasi elektron, dan tingkat energi elektron. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah MCC yang dikembangkan. Subjek uji coba adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Bojonegoro yang telah memperoleh pengajaran materi struktur atom, memiliki beban MK dan pada level persepsi rendah berdasarkan tes pemahaman konsep dan tes pendeteksi penyebab miskonsepsi kimia berbasis model mental (P2M3). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) MCC berkategori sangat valid pada validitas konstruk maupun validitas isi, (2) MCC telah praktis dengan perolehan respon siswa sebesar 96%, (3) MCC secara signifikan menggeser status MK menjadi tahu konsep (TK). Penurunan MK pada konsep orbital sebesar 79%, konsep konfigurasi elektron sebesar 80%, dan konsep tingkat energi elektron sebesar 73%. Adapun perubahan MK menjadi TK, MK menjadi tidak tahu konsep (TTK), dan MK tetap MK, secara berturut-turut adalah 74%, 14%, dan 12% pada konsep orbital, sebesar 75%, 14%, dan 11% pada konsep konfigurasi elektron, serta sebesar 72%, 16%, dan 12% pada konsep tingkat energi elektron.
Pratiwi, Nurina Kusuma Ayu. 2019. The Development of Conceptual Change Modules (MCC) based on Mental Model to Reduce Students’ Misconception in Atomic Structure. Thesis. Postgraduate Science Education, Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., and (2) Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes.
Keywords: modul conceptual change, model mental, persepsi, reduksi miskonsepsi
Misconception has a close correlation with mental models. The aim of this study is to develope Conceptual Change Module (MCC) based on mental model to reduce students’ misconception in atomic structure. MCC that was developed consist of three modules namely MCC in orbital concept, electron configuration concept, and electron energy levels concept. The type of research is development research. The research subject was MCC which was developed. The test subjects were class X MIA students of SMAN 1 Bojonegoro who had teached atomic structure material, had a number of misconception (MK) and were at a low level of perception based on misconception diagnostic test and detecting the causes of mental model based chemical misconceptions (P2M3) test. The results were analyzed by qualitative descriptive and inferential statistic. The results show that: (1) MCC was at very valid categories both in construct validity and content validity, (2) MCC has been practical with student responses reaching 96%, (3) MCC was successfully reduce a number of MK to knowledge the correct concept (TK). The decrease of MK on the orbital concept was 79%, was 80% on the electron configuration concept, and 73% on the electron energy levels concept. The MK shifting to TK, MK becoming a lack of knowledge (TTK), and MK still MK in a row by 74%, 14%, and 11% on the orbital concept, 75%, 14%, and 14% on the electron configuration concept, 72%, 16%, and 12% on the electron energy levels concept.