ABSTRAK
PENGARUH PERMAINAN “IKUTI JEJAKKU” TERHADAP
KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PUNGGUL SIDOARJO
Nama : Riska Maulia Aprilianti
NIM : 15010684031
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan “ikuti jejakku” terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Punggul Sidoarjo. Subyek dari penelitian ini berjumlah 30 anak kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan 2 kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan menggunakan teknik analisis data yakni Mann-Whitney U-Test.
Hasil analisis data yang diperoleh dari perhitungan uji Mann-Whitney U-Test menggunakan IBM SPSS versi 16, mendapatkan hasil yang diketahui nilai Asymp.Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,000. Dengan dasar pengambilan keputusan apabila Asymp.Sig. < α (0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, sehingga diterima dan ditolak. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa permainan “ikuti jejakku” terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Punggul, Sidoarjo.
Kata Kunci: permainan“Ikuti Jejakku”, kemampuan mengenal lambang bilangan, anak usia dini
ABSTRACT
THE EFFECT OF “IKUTI JEJAKKU” GAMES ON THE ABILITY TO RECOGNIZE SYMBOL OF NUMBERS OF CHILDREN GROUP B AT TK DHARMA WANITA PUNGGUL SIDOARJO
Name : Riska Maulia Aprilianti
Departement : S1 Teacher Early Childhood Education TeacherEducation
Faculty : The Faculty of Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
This study aims to determine the effect of the game "ikuti jejakku" on the ability to recognize the number symbols on the B group children in TK Dharma Wanita Punggul Sidoarjo. The subject of this study is a group of 30 experimental children and 30 control children. In this study used a quantitative research approach with the design of the experimental design quasi research with the non-equivalent of control group design by using 2 groups of experiment and control groups. The data collection techniques used for observation and using Mann-Whitney U-Test data analysis techniques.
· The results of data analysis acquired by the Mann-Whitney U-Test calculations using IBM SPSS version 16, getting a known score of asmp.Sig. (2 tailed) that's 0,000. On the basis of decision-making by the asmp. < α (0.05) thus there is a significant difference between experiment groups and control groups where the value of the group of experiments is higher than the control group, which is therefore acceptable and rejected. The findings suggest that the "ikuti jejakku" has a significant influence on the ability to recognize the number symbols on the B group children in TK Dharma Wanita Punggul Sidoarjo.
Keyword: “ikuti jejakku” games, ability to recognize symbols of numbers, early childhood