Tari Masmundari Karya Lusiyanah Di Kabupaten Gresik
Masmundari Dance by Lusiyanah in Gresik Regency
ABSTRAK
Tari Masmundari merupakan tari yang diciptakan dengan proses penciptaan melalui hasil transformasi dari buku biografi Masmundari menjadi karya tari. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Tari Masmundari melalui kajian transformasi. Teori yang digunakan yaitu Teori Proses Kreatif (Wallas) dan Teori Transformasi Alih Wahana (Sapardi Djoko Damono). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek yang dituju adalah Tari Masmundari. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transformasi dari buku biografi Masmundari yang dijadikan karya tari memiliki tahapan proses kratif yang meliputi : 1). Proses identifikasi ide yang dilakukan dengan membaca, mengamati lalu mengaertikan kisah tersebut menurut koreografer. 2). Proses menentukan konsep dilakukan dengan menentukan tema, judul, konsep gerak tari, tata rias dan busana, iringan tari, dan menentukan penari. 3). Proses penggarapan, persiapan dan pengecekan/evaluasi dilakukan dengan melakukan eksplorasi gerak hingga menemukan ciri khas, membuat desain pola lantai, menggabungkan dengan iringan. Setelah itu melakukan gladi kotor&gladi bersih dan melakukan beberapa pengecekan terhadap properti dan busana. Proses identifikasi Alih Wahana dilakukan sehingga dapat ditemukannya pengurangan, penambahan dan perubahan variasi yang ada dalam karya tari “Masmundari”.
Kata Kunci : Proses Kreatif,Transformasi, Tari Masmundari
ABSTRACT
Masmundari dance is a dance created by the process of creation through the transformation of Masmundari's biography into a dance work. The purpose of this study is to describe Masmundari Dance through transformation studies. The theory used is the Theory of Creative Process (Wallas) and Theory of Transformation of Vehicle Transfer (Sapardi Djoko Damono). This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The object in question is the Masmundari Dance. Using data collection techniques of observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data display, and conclusion drawing. Data validity using triangulation technique.
The results showed that the transformation process from Masmundari's biography which was made into a dance work had stages of a creative process which included: 1). The process of identifying ideas is done by reading, observing and then interpreting the story according to the choreographer. 2). The process of determining the concept is carried out by determining the theme, title, concept of dance moves, makeup and clothing, dance accompaniment, and determining dancers. 3). The process of cultivating, preparing and checking/evaluating is carried out by exploring motion to find characteristics, making floor pattern designs, combining them with accompaniment. After that, do a rehearsal & rehearsal and do some checking on the property and clothes. The process of identifying the Wahana Transfer is carried out so that it can be found subtractions, additions and changes to variations that exist in the "Masmundari" dance work.
Keywords: Creative Process, Transformation, Masmundari Dance