Penalaran kuantitatif merupakan salah satu proses penting dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Dua siswa perempuan MTs Maarif Sukorejo dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang tinggi dari hasil tes kemampuan matematika dan mewakili gaya kognitif field independent dan field dependent. Siswa yang terpilih diminta untuk memecahkan masalah matematika dan diwawancarai. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penalaran kuantitatif antara siswa field independent dan field dependent. Siswa field independent dapat menyajikan seluruh informasi ada dalam soal, sedangkan siswa field dependent dapat menyajikan sebagian informasi pada soal dan tidak menyajikan beberapa informasi yang lain. Siswa field independent dapat menunjukkan keterbatasan metode matematis berupa persaman yang hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan atau soal yang sama persis dengan soal yang diberikan, sedangkan siswa field dependent tidak dapat menunjukkan keterbatasan metode matematisnya.
Quantitative reasoning is one of the important processes in solving problem. This research is qualitative descriptive, which aimed at describing the student’s quantitative reasoning in solving problems based on the cognitive style field independent and field dependent. Two girls’ students of Ma’arif Junior High School Sukorejo, were selected as subjects from the higher rank in the mathematics’ test and represent two types of cognitive style field independent and field dependent. The chosen students were asked to solve mathematics problems and were interviewed. In general, the results showed there are differences in quantitative reasoning between field independent and field dependent students. Field independent student presented all information on the problem, while the field dependent student only presented some information on the problem abd did not present the other information. Field independent student can showed the limitations of mathematical methods in the form of equations that can only used to solve a given problem or a problem that same as a given problem, while field dependent student cannot showed the limitations of their mathematical methods.