Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Koleksi Desain Busana di SMK Negeri 1 Baureno, Bojonegoro
Development of Tutorial Videos for Creating Fashion Design Collections at SMK Negeri 1 Baureno, Bojonegoro
ABSTRAK
Sa’adah, Ayu Ummatus. 2025. Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Koleksi Desain Busana di SMK Negeri 1 Baureno, Bojonegoro. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing : (I) Dr. Lutfiyah Hidayati, S.Pd., M.Pd., (II) Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.
Kata Kunci : ADDIE, Efektivitas pembelajaran ,Koleksi desain busana, Media pembelajaran, Pendidikan kejuruan, Video tutorial
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menganalisis validitas media video tutorial pembuatan koleksi desain busana, 2) menganalisis kepraktisan media video tutorial pembuatan koleksi desain busana, 3) menganalisis Efektivitas media video pembuatan koleksi desain busana. Pengembangan media pembelajaran berupa video tutorial yang digunakan dalam pembelajaran pembuatan koleksi desain busana di SMK Negeri 1 Baureno. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas, pemahaman, dan hasil belajar siswa pada materi pembuatan koleksi desain busana. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Video tutorial dirancang untuk memberikan panduan visual yang interaktif dan menarik sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum.
Validitas media dievaluasi oleh ahli media dan materi, kepraktisan dinilai melalui respon siswa dan guru, sementara efektivitas diukur melalui perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial memiliki tingkat validitas sebesar 86% termasuk kategori “sangat valid”. Kepraktisan media dinilai dari angket respon siswa menunjukkan hasil sebesar 85,4% "sangat praktis". Selain itu, media ini juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembuatan koleksi desain busana dengan hasil uji one way anova menunjukkan hasil Nilai F = 70.04 dengan Prob > F = 0.0000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata dari keempat jenis nilai (p < 0.05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa video tutorial merupakan media pembelajaran yang layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK, khususnya dalam mata pelajaran desain busana.
Media video tutorial ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami pembuatan koleksi desain busana. Media ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran pembuatan koleksi desain busana dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk topik atau mata pelajaran lainnya.
ABSTRACT
Sa’adah, Ayu Ummatus. 2025. Development of Tutorial Videos for Creating Fashion Design Collections at SMK Negeri 1 Baureno, Bojonegoro. Thesis, Study Program of Technology and Vocational Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Dr. Lutfiyah Hidayati, S.Pd., M.Pd., (II) Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.
Keyword : ADDIE, Effectiveness of learning, Fashion design collections, Learning media, Vocational education, Video tutorials
This study aims to: 1) analyze the validity of the tutorial video media for creating fashion design collections, 2) analyze the practicality of the tutorial video media for creating fashion design collections, and 3) analyze the effectiveness of the tutorial video media for creating fashion design collections. The development of this learning media in the form of tutorial videos is intended to be used in teaching the creation of fashion design collections at SMK Negeri 1 Baureno. This media is developed to improve students' creativity, understanding, and learning outcomes in the subject of creating fashion design collections. This study used the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The tutorial video was designed to provide an interactive and engaging visual guide tailored to the needs of students and the curriculum.
The validity of the media was evaluated by media and content experts, its practicality was assessed through feedback from students and teachers, and its effectiveness was measured by comparing learning outcomes before and after using the media. The research results indicate that the tutorial video media achieved a validity score of 86%, categorized as "highly valid." The practicality of the media, assessed through a student response questionnaire, showed a score of 85.4%, categorized as "highly practical." Additionally, this media proved effective in improving students' learning outcomes in creating fashion design collections. The one-way ANOVA test results showed an F-value of 70.04 with Prob > F = 0.0000, indicating a significant difference between the means of the four types of scores (p < 0.05). This study concludes that tutorial videos are a feasible learning media to improve the quality of education in vocational schools, particularly in fashion design subjects.
This tutorial video media is proven to be effective in helping students understand creating fashion design collections. This media is recommended for use in learning creating fashion design collections and can be further developed for other topics or subjects.