Implementasi Algoritma Fisher Yates pada Game Pembelajaran LBB YSY Private Berbasis Website
LBB YSY Private merupakan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang khusus memberikan pelajaran tentang Matematika dengan tingkatan kelas SD, SMP hingga SMA. Pada masa pandemi saat ini seluruh sekolahan menggunakan metode pembelajaran secara daring, sehingga internet sangat berperan dalam proses pembelajaran saat ini. Oleh karena itu LBB YSY Private membuat Game edukasi berbasis Website yang diimplementasikan dalam bentuk game who wants to be a millioner master. Dalam pengembangan Game Edukasi tersebut juga terdapat sistem limit timer pada setiap soal yakni setiap soal yang ada di dalam suatu sub level akan mendapatkan waktu batasan dalam mengerjakanya. Game Edukasi tersebut menggunakan metode Fisher-Yates sebagai pengacak jawaban dan soal dalam setiap sub level yang ada di dalam game tersebut, agar setiap siswa tidak bergantung pada kunci jawaban dan meminimalisir kecurangan pengerjaan soal ketika mengerjakan soal secara berkelompok pada satu ruang dan waktu yang sama. Proses yang dilakukan dalam Algoritma Fisher-Yates adalah dengan cara mengacak nilai integer antara min dan max dan setiap bilangkan yang diacak akan dibulatkan ke bawah dan dikali dengan nilai min dan max yang ada pada sistem tersebut. Apabila siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal, maka siswa bisa menggunakan beberapa bantuan yang telah disediakan oleh sistem, yaitu Bantuan Telpon Temn, Kesempatan Salah, Next Soal, 50:50 dan Bantuan Satu Soal 2 Jawaban. Setelah dilakukan perancangan dan pembuatan pada aplikasi. Maka aplikasi akan di uji coba dan di dapat kesimpulan bahwa Soal dan pilihan ganda ditampilkan secara acak dalam game tersebut dan Soal yang diacak hanya akan muncul satu kali saja (tidak berulang).
Kata Kunci— Lembaga Bimbingan Belajar, Fisher-Yates, Website, Game Edukasi, Limit Timer, YSY Private
LBB YSY Private is tutoring institutions that especially provide mathematics lesson for elementary school, junior high school, and senior high school. During the current pandemic, schools use online learning methods. Because of that, the internet has a role in the learning process. Therefore, LBB YSY Private create a website-based educational game implemented in the form of a game who wants to be a millionaire master. In the development of the educational game, there is a limit timer sistem in each question. It means each question in the sub-level will get a time limit when doing the task. The educational game uses Fisher-Yates methods as randomization of answers and questions in each sub-level in the game. Hence, Students do not depend on answer keys and minimize cheating when doing the task together in one room at the same time. The process carried out in the Fisher-Yates Algorithm is by randomizing the integer value between the minimum and maximum. Furthermore, each random number will be rounded down and multiplied by the minimum and maximum values in the sistem. If the students feel difficult to answer the questions, the students can use each assistance that provided by the sistem. The assistance is called a friend, wrong chance, next questions, 50:50, and the assistance to one question two answer choices. After designing and making the application, the application is tested and can be concluded that questions and multiple-choice is shown randomly in that game and randomly question only appear once.