Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan serta mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Pendidikan digunakan sebagai tonggak untuk mengukur dan menggembangkan karakter suatu bangsa bangsa, untuk itu pemerintah terus berupaya memajukan pendidikan dengan melakukan perbaikan kurikulum yang ada. Kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum 2013 Revisi yang merupakan perbaikan dari kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis saintifik pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah kelas XII semester II di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto.
Pengembangan buku ajar ini diuji kelayakan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta diuji coba kepada 20 peserta didik kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 85,3% , validasi ahli bahasa 87,1% , validasi grafis 84,4% dan respon peserta didik sebesar 91%. Sehingga keseluruhan didapatkan skor sebesar 88,3% dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar berbasis saintifik sangat layak digunakan pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah.
Kata Kunci : Buku Ajar, Kurikulum 2013 Revisi, Akuntansi Perbankan Syariah
Education is an effort to realize and develop the potential of students. Education is used as a milestone to measure and develop the character of a nation, for that the government continues to strive to advance education by making improvements to the existing curriculum. The current curriculum is the 2013 Revised Curriculum which is an improvement from the previous curriculum. This study aims to produce and analyze the results of the feasibility and response of students to science-based textbooks on subjects of Islamic Banking Accounting class XII semester II at SMK Negeri 2 Mojokerto.
The development of this textbook was tested by 3 experts namely material experts, linguists, and graphic experts and tested it on 20 students of class XII Islamic Banking Accounting in SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. This research method uses the development model according to Thiagarajan 4-D but in this study is limited to the development stage.
The results showed that the results of the validation of the material experts got a score of 85.3%, the validation of linguists 87.1%, graphic validation 84.4% and the response of students by 91%. So that the overall score was 88.3% and it can be concluded that the development of scientific-based textbooks is very feasible to be used in the subjects of Islamic Banking Accounting.
Keywords: Textbooks, 2013 Revised Curriculum, Accounting for Islamic Banking