ABSTRAK
Kedang,
Mikhael Klemens. 2019. Pengembangan Strategi Pembelajaran Offensive, Counter
Attack, & Defensive (OCD) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas IV SD . Tesis, Universitas Negeri
Surabaya, Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Dasar, Dosen Pembimbing: Prof.
Dr.
Setya Yuwana, M. A., Prof. Dr.
Wahyu Sukartiningsih , M. Pd.
Kata kunci: pengembangan, strategi, OCD, membaca pemahaman, teks eksposisi
Penelitian ini bertujuan
mengembangkan strategi pembelajaran OCD untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi siswa kelas IV di SD Kemala Bhayangkari 9, Gresik,
Surabaya. Strategi pembelajaran OCD diadopsi dari strategi futsal, dan diadaptasi
serta diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang
dikonstruksi tersebut dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman salah
satu genre bacaan (teks eksposisi).
Di pihak lain, dapat mendukung salah satu dimensi dalam Kurikulum 2013 yang
menekankan peran siswa (student centered ),
yaitu mengedukasi siswa untuk lebih percaya diri, memiliki etika dalam
berpendapat atau berargumen, dan disiplin terhadap regulasi strategi yang
diintegrasikan dalam aktivitas belajar siswa secara klasikal.
Proses
pengembangan penelitian ini secara struktur menggunakan pendekatan atau model Four-D menurut Thiagarajan dan kualitas
dari produk (strategi pembelajaran) ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Subjek penelitian untuk mengetahui proses dan kualitas strategi
yang dikembangkan adalah siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari yang berjumlah 30,
dengan 10 siswa sebagai subjek uji terbatas dan subjek uji keseluruhan adalah 30
siswa. Strategi pembelajaran divalidasi oleh tiga validator, yaitu dua ahli
ke-SD-an dan satu guru kelas IV SD. Aktivitas siswa dan guru, respon guru dan
siswa dilakukan untuk mengetahui kepraktisan strategi yang dikonstruksi,
sedangkan keefektifan ditinjau dari hasil belajar setelah strategi pembelajaran
diimplementasikan.
Hasil penelitian
menunjukkan kevalidan perangkat pembelajaran, kevalidan soal pre-test , dan kevalidan soal post-test memperoleh rata-rata skor
93,3%, kepraktisan strategi pembelajaran yang diketahui dari aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan respon guru serta respon siswa mendapatkan rata-rata
skor 95,14%, sedangkan keefektifan
ditinjau dari hasil belajar siswa pre-test
mendapatkan rata-rata skor 69% dan hasil belajar siswa post-test mendapatkan skor 80,3%, atau tingkat keberhasilan siswa
meningkat 65,8%. Dengan demikian, strategi pembelajaran OCD yang
diimplementasikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IV SD dari segi proses dan kualitas layak digunakan atau
diimplementasikan secara klasikal dengan hasil analisis,
ditolak
karena hasil
adalah 0,01944
< 0,05. Jadi ada perbedaan pada hasil belajar sebelum strategi pembelajaran
OCD diintervensi dan sesudah diimplementasikan.