ABSTRAK
Putra, Deni Adi. 2022. Pengaruh Model Online Collaborative Learning terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Ditinjau
dari Kemampuan Awal
pada
Siswa Kelas
V
SD
Muhammadiyah
Surabaya.
Disertasi. Program
Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri
Surabaya. Promotor:
Prof.
Dr.
Mustaji, M.Pd. dan
Ko-Promotor:
Dr.
Fajar Arianto, M.Pd.
Kata Kunci: Online
Collaborative Learning, berpikir kritis, keterampilan sosial, kemampuan awal
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model Online Collaborative
Learning terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SD Muhammadiyah Surabaya, (2)
pengaruh model Online Collaborative
Learning terhadap keterampilan
sosial siswa SD
Muhammadiyah Surabaya, (3) pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa SD
Muhammadiyah
Surabaya, (4)
pengaruh kemampuan awal terhadap keterampilan sosial siswa SD Muhammadiyah Surabaya, (5) interaksi antara
model Online Collaborative Learning dan
kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa SD Muhammadiyah Surabaya, dan (6) interaksi antara
model Online Collaborative Learning dan kemampuan
awal terhadap keterampilan
sosial siswa SD Muhammadiyah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan faktorial
2 x 3.
Sampel penelitian melibatkan sebanyak 152 siswa
kelas V SD yang dipilih dari tiga sekolah dasar, yaitu SD Muhammadiyah
3 Surabaya, SD
Muhammadiyah 8 Surabaya, dan MI Muhammadiyah 27 Surabaya. Selanjutnya
sampel penelitian dipilah menjadi kelompok kelas eksperimen yang berjumlah 81 siswa dan kelompok kelas kontrol yang
berjumlah 71 siswa. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model Online Collaborative
Learning, sedangkan kelas
kontrol diberikan pembelajaran
dengan
model konvensional.
Pengumpulan data
dengan angket atau kuesioner, tes, dan lembar
observasi. Teknik analisis data
penelitian
ini menggunakan
MANOVA, sedangkan pengolahan
data menggunakan program SPSS dan
Microsoft Excel.
Hasil penelitian data
menunjukkan (1) ada pengaruh model Online Collaborative Learning terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SD
Muhammadiyah
Surabaya, (2) ada
pengaruh
model
Online Collaborative
Learning terhadap keterampilan
sosial siswa SD Muhammadiyah Surabaya, (3)
tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SD Muhammadiyah Surabaya, (4) tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap
keterampilan sosial siswa SD Muhammadiyah Surabaya (5) tidak ada interaksi
antara model Online Collaborative
Learning dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Muhammadiyah Surabaya, dan (6)
tidak ada interaksi antara model Online Collaborative
Learning dan kemampuan awal
terhadap keterampilan sosial siswa SD Muhammadiyah Surabaya.
Saran dan rekomendasi adalah (1) model Online Collaborative Learning
dapat dijadikan alternatif pembelajaran secara virtual oleh guru pada setiap materi