Kantor Pemerintah Desa merupakan salah satu fasilitas pelayanan publik yang bergerak di sektor administrasi, namun dalam penyelenggaraannya seringkali menggunakan cara konvensional sehingga terkesan berbelit-belit dan lama. Rancangan Aplikasi E-layanan ini berbasis microsoft excel, dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rancangan Aplikasi E-layanan di Kantor pemerintah Desa Bago. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini mengacu pada “Peraturan Presiden No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik” Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi E-layanan berbasis microsoft excel yang telah diterapkan di Kantor Pemerintah Desa Bago sejak 2 Juni 2021, namun dalam penerapannya terjadi beberapa kendala seperti : entry database (Big Data) secara manual, jika ada perubahan data yang tidak disengaja microsoft excel tidak memunculkan riwayat data (history), dan admin desa yang masih dalam penyesuaian cara kerja yang baru. Berdasarkan beberapa kendala yang telah disebutkan maka diperlukan optimalisasi untuk semua menu dan sub menu pada aplikasi e-layanan, diperlukan data yang valid dan update untuk mengurangi kesalahan data, diperlukan pelatihan untuk pegawai sub bagian pelayanan untuk penggunaan aplikasi e-layanan administrasi. Sehingga dengan harapan dapat digunakan serta dikembangkan sesuai konsep e-government.
The Village Government Office is one of the public service facilities sector based of administration, but in most cases using conventional methods so it takes a long time to process. This e-service application design is based on microsoft excel, and this study aims to describe the e-service application design at the Bago village government office. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. Data were collected through observation, interviews, documentation, and literature studies. This research refers to “Peraturan Presiden No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik” The results of this study are in the form of an E-service Application based on Microsoft Excel which has been implemented at the Bago Village Government Office since June 2, 2021, but in implementation have several obstacles such as: manual database entry (Big Data), if an accidental data change, Microsoft Excel does not display the data history (history), and the village admin still adjusting to the new way of working. Based on some of the constraints, necessary to optimize all menus and sub menus in the e-service application, valid data and updates are needed to reduce data errors, training is needed for service sub-division employees for the use of e-service administration applications. So with the hope that it can be used and developed according to the e-government concept.