PEMILIHAN JASA EKSPEDISI FAVORIT MENGGUNAKAN METODE FUZZY COPRAS INTUISIONISTIK
SELECTION OF FAVORITE EXPEDITION SERVICE USING INTUITIONISTIC FUZZY COPRAS METHOD
Jasa ekspedisi adalah layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk mengurus pengiriman barang dalam jumlah besar maupun kecil ke tujuan tertentu. Dalam memilih sebuah jasa ekspedisi, konsumen dapat menggunakan sistem pendukung keputusan (SPK) untuk membantu dalam mengambil keputus- an. Salah satunya yaitu metode Multi Criteria Decision Making (MCDM). Metode MCDM dikembangkan untuk membantu pengambil keputusan dalam melakukan pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif keputusan agar mendapatkan suatu keputusan yang akurat dan optimal. Pada penelitian ini, metode MCDM yang digunakan yaitu metode fuzzy COPRAS intuisionis- tik. Metode fuzzy COPRAS intuisionistik merupakan gabungan antara metode COPRAS dan fuzzy intuisionistik. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy COPRAS intuisionistik untuk pemilihan jasa ekspedisi favorit. Alternatif jasa ekspedisi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu J&T, JNE, SiCepat, Ninja Exp- ress, dan Pos Indonesia. Sedangkan kriteria yang digunakan yaitu keamanan pengiriman, ketepatan waktu pengiriman, tarif kirim, sistem pelacak (tracking), attitude kurir, responsivitas, banyaknya cabang (droppoint), jangkauan, sistem penjemputan barang (pick up). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui nilai bobot pada setiap kriteria dan mengetahui hasil pengurutan alternatif berdasarkan metode fuzzy COPRAS intuisionistik. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuisioner di platform Gform oleh 30 responden. Berdasarkan tingkat kepentingan kriteria, urutan kriteria yang diperoleh dari hasil pengolahan data menggunakan metode fuzzy COPRAS intuisionistik yaitu tarif kirim, attitude kurir, responsivitas, ketepatan waktu pengiriman, keamanan pengiriman, jangkauan pengiriman, banyaknya droppoint, sistem tracking, dan sistem penjemputan barang. Sedangkan, untuk hasil pengurutan alternatif jasa ekspedisi dengan menggunakan metode fuzzy COPRAS intuisionistik di dapatkan hasil bahwa J&T menempati peringkat pertama, dan selanjutnya diikuti oleh JNE, Sicepat Express, Ninja Express, dan Pos Indonesia. Kata kunci: Fuzzy COPRAS Intuisionistik, Jasa Ekspedisi, Kepentingan Kriteria, Pengurutan Alternatif
Expedition services are a type of service offered by a company to handle the shipping of goods, whether in large or small quantities, to specific destinations. In choosing an expedition service, consumers can use a decision support system (DSS) to aid in making decisions. One such method is the Multi Criteria Decision Making (MCDM) method. MCDM is developed to assist decision-makers in making decisions among several alternatives to achieve accurate and optimal decisions. In this study, the MCDM method used is the fuzzy intuitionistic COPRAS method. The fuzzy intuitionistic COPRAS method is a combination of the COPRAS method and fuzzy intuitionistic. This study uses the fuzzy intuitionistic COPRAS method for selecting a preferred expedition service. The expedition service alternatives used in this study are J&T, JNE, SiCepat, Ninja Express, and Pos Indonesia. The criteria used are shipping security, on-time delivery, shipping rates, tracking system, courier attitude, responsiveness, number of branches (drop points), coverage, and pickup system. The aim of this research is to determine the weight values for each criterion and to identify the ranking of alternatives based on the fuzzy intuitionistic COPRAS method. Data collection was conducted through a questionnaire on the Gform platform filled out by 30 respondents. Based on the importance level of the criteria, the ranking of criteria obtained from data processing using the fuzzy intuitionistic COPRAS method is shipping rates, courier attitude, responsiveness, on-time delivery, shipping security, coverage, number of drop points, tracking system, and pickup system. Me- anwhile, for the ranking results of expedition service alternatives using the fuzzy intuitionistic COPRAS method, J&T ranks first, fo- llowed by JNE, Sicepat Express, Ninja Express, and Pos Indonesia. Keywords: Intuitionistic Fuzzy COPRAS, Expedition Services, Criteria Importance, Alternative Ranking