PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI HASIL KALI KELARUTAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA FARMASI KELAS XI – FARMASI SMK MADANIA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA SOLUBILITY PRODUCT MATERIALS IN THE PHARMACEUTICAL CHEMISTRY SUBJECT CLASS XI - PHARMACEUTICAL VOCATIONAL SCHOOL MADANIA
Media pembelajaran memiliki kedudukan yang penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Ketercapaian tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik, dapat dilakukan melalui penggunaan media dan sumber belajar kepada peserta didik.
Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah multimedia interaktif. Multimedia interaktif karena 1) Multimedia interaktif yang menggabungkan beberapa unsur media meliputi audio, visual, dan audio visual yang diharapkan dapat memudahkan pemahaman peserta didik dengan kompleksitas materi yang termuat dan memfasilitasi beberapa gaya belajar yang berbeda. 2) Untuk pembelajaran secara mandiri oleh peserta didik dan dapat diakses melalui smartphone secara offline, sehingga dapat mengakses materi secara leluasa dimanapun dan kapanpun. 3) Melalui penggunaan multimedia interaktif dengan format tutorial yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena format ini dirancang untuk mencapai pembelajaran tuntas (mastery learning).
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan di SMK Madania 2) mengetahui penggunaan multimedia interaktif yang dikembangkan di SMK Madania 3) mengetahui apakah multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI- Farmasi di SMK Madania.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi, dan tes hasil belajar. Angket untuk mengetahui kelayakan multimedia yang dikembangkan dari para ahli dan sibjek uji coba peserta didik. Observasi untuk mengetahui penggunaan multimedia yang dikembangkan. Sedangkan Tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi hasil kali kelarutan.
Hasil kelayakan oleh ahli materi adalah sebesar 97,5%, uji kelayakan desain pembelajaran adalah 97,5%, uji kelayakan ahli media, dan bahan penyerta berturut-turut sebesar 97,037% dan 98,33%. Serta didukung uji coba peserta didik perorangan bernilai 98,09%, kelompok kecil bernilai 97,71%, dan uji coba kelompok besar bernilai 92,34% secara keseluruhan masuk kategori “sangat layak” menunjukkan bahwa media layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil data penggunaan media yakni mendapat persentase 90% menunjukkan bahwa media “sangat praktis” digunakan dalam proses pembelajaran. Serta hasil belajar didapatkan t_(hitung )lebih besar dari t_(tabel )yaitu 2,328 > 2,000995. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi hasil kali kelarutanr kelas XI- Farmasi di SMK Madania.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil Kali Kelarutan, Hasil Belajar
Learning media has an important position in supporting the achievement of learning objectives. Achievement of learning objectives that must be achieved by students can be done through the use of media and learning resources for students.
The media developed in this research is interactive multimedia. Interactive multimedia because 1) Interactive multimedia combines several media elements including audio, visual and audio-visual which are expected to facilitate students' understanding of the complexity of the material contained and facilitate several different learning styles. 2) For independent learning by students and can be accessed via smartphone offline, so they can access the material freely wherever and whenever. 3) Through the use of interactive multimedia with a tutorial format, it is hoped that it can improve student learning outcomes, because this format is designed to achieve complete learning (mastery learning).
The objectives of this development research are 1) to find out the feasibility of interactive multimedia developed at SMK Madania. 2) to find out the use of interactive multimedia developed SMK Madania. 3) to find out whether the interactive multimedia developed can improve learning outcomes for class XI-Pharmacy at SMK Madania.
This research method is descriptive quantitative. Data was collected using questionnaire techniques, observation and learning outcomes tests. Questionnaire to determine the feasibility of multimedia developed from experts and student test subjects. Observations to determine the use of developed multimedia. Meanwhile, the test is to determine student learning outcomes on solubility product material.
The feasibility results by material experts were 97.5%, the feasibility test results for learning designs were 97.5%, the feasibility test results for media experts and accompanying materials were 97.037% and 98,33%. And supported by individual student trials worth 98.09%, small group trials worth 97.71%, and large group trials worth 92.34% overall in the "very feasible" category indicating that the media is suitable for use for learning activities. The results of the media use data, namely getting a percentage of 90%, show that the media is "very practical" to use in the learning process. And the learning results obtained t_(count )is greater than t_(table ) namely 2.328 > 2.000995. Thus, it can be said that the interactive multimedia developed is effective in improving the learning outcomes of solubility product material for class XI- Pharmacy at SMK Madania.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Solubility Products, Learning Results.