Pengembangan Media Pembelajaran Digital “BATAKU” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Development of Android-Based “BATAKU” Digital Learning Media to Improve Explanatory Text Writing Skills for Grade VI Elementary School Students.
ABSTRAK
Hanim, Ari Farida. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Digital “BATAKU” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A, dan (2) Dr. Hendratno, M. Hum.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Digital, BATAKU berbasis android, Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi, Siswa Sekolah Dasar
Media pembelajaran digital BATAKU berbasis android digunakan untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan pembelajaran digital BATAKU berbasis android untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian Research and Development (R&D). Rangkaian langkah yang akan dilakukan pada penelitian ini menggunakan model ASSURE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Sumput Kecamatan Sidoarjo berjumlah sebanyak 34 siswa. Kualitas berdasarkan hasil kevalidan media pada aspek materi dengan persentase 89%, aspek penyajian 91,67%, aspek kebahasaan 78%, dan pada aspek kegrafikan sebesar 92,5%. Secara keseluruhan validasi didapatkan persentase sebesar 87,79% termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran digital BATAKU berbasis android yang telah dikembangkan pada validasi dengan persentase 84,35% (sangat valid), validasi RPP (sangat valid), aktivitas guru dengan persentase 92,86% (sangat positif), aktivitas siswa dengan persentase 100% (sangat positif), respon guru dengan persentase 94,28%, dan respon siswa sebesar 94,28% (sangat positif). Keefektifan media pembelajaran digital BATAKU berbasis android yang telah dikembangkan dilihat dari hasil keterampilan menulis sebelumnya menunjukkan bahwa total dari 34 siswa, sebanyak 15 siswa dengan kategori tinggi dan 19 siswa dalam kategori sedang. Uji T menunjukkan bahwa t-statistik = 30,90 > t-tabel = 2,042. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis android meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sangat layak. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran digital “BATAKU” berbasis android mengalami peningkatkan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI sekolah dasar.
ABSTRACT
Hanim, Ari Farida. 2023. Development of Android-Based “BATAKU” Digital Learning Media to Improve Explanatory Text Writing Skills for Grade VI Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisors: (1) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A, dan (2) Dr. Hendratno, M. Hum.
Keywords: Digital Learning Media, Android-based BATAKU, Explanatory Text Writing Skills, Elementary School Students
Android-based BATAKU digital learning media is used to overcome students' low explanatory text writing skills. This study aims to determine the process and results of the development of Android-based BATKU digital learning to improve explanatory text writing skills in Indonesian language learning for grade VI Elementary School. The research conducted includes Research and Development (R&D) research. The series of steps that will be carried out in this study use the ASSURE model. The subjects in this study were 34 students in class VI at SD Negeri Sumput, Sidoarjo District. Quality based on the results of media validity on the material aspect with a percentage of 89%, 91.67% presentation aspect, 78% linguistic aspect, and 92.5% on the graphic aspect. Overall validation obtained a percentage of 87.79% included in the very valid category. The practicality of Android-based BATAKU digital learning media that has been developed on validation with a percentage of 84.35% (very valid), lesson plan validation (very valid), teacher activity with a percentage of 92.86% (very positive), student activity with a percentage of 100% (very positive), the teacher's response was 94.28%, and the student's response was 94.28% (very positive). The effectiveness of the Android-based BATAKU digital learning media that has been developed seen from the results of the previous writing skills shows that a total of 34 students, 15 students are in the high category and 19 students are in the medium category. T-test shows that t-statistic = 30.90 > t-table = 2.042. The conclusion in this study is that the development of Android-based learning media includes validity, practicality, and effectiveness. In general, it can be concluded that the development of Android-based digital learning media "BATAKU" experienced a significant increase in the skills of writing explanatory texts for students of grade VI elementary schools.