Comparison of the Effectiveness of Online and Offline Learning in Fashion Design Subjects
Adanya pandemi COVID-19 yang telah diumumkan oleh WHO berdampak padajdunia Pendidikan. Hal ini dikarenakan pemerintah menghimbau lembaga Pendidikan untuk meniadakan pembelajaran secara tatap muka atau luring untuk memutus penularan COVID-19, serta menganjurkan diberlakukannya pembelajaran secara daring atau online. Perubahan ini berimbas pada proses pembelajaran, dimana sebelumnya guru dan siswa terbiasa melakukan pembelajaran tatap muka dan seketika berubah menjadi daring sehingga memerlukan adaptasi bagi guru dan siswa. Adaptasi ini akan berpengaruh pada efektivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui perbedaan hasil pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran Desain Busana, 2) Mengetahui efektifitas media pembelajaranjjdaringjjdanjjluring pada mata pelajaran Desain Busana. jPenelitian inijjmenggunakan metodejjLiteraturejReview dengan mengkaji penelitian yang sesuai. Ditemukan 5 atikel pembelajaran daring dan 5 artikel pembelajaran luring. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran luring mendapatkan 87,25% dengan klasifikasi sangat baik dan pembelajaran daring mendapatkan hasil 83,33% dengan klasifikasi sangat baik. Sehinggajj dapatjj disimpulkanjj bahwajj pembelajaranjjluring memberikan hasil belajar yang lebih baik dibanding pembelajaran daring pada mata pelajaran Desain Busana, 2) Media pembelajaran luring mendapatkan hasil 82,73% dengan klasifikasijjsangatjjbaik dan mediajjpembelajaranjjdaring mendapatkan hasil 81,85% dengan klasifikasijjsangatjjbaik, dapat disimpulkanjjbahwa media pembelajaran luring lebih baik dibandingkan media pembelajaran daring.
The existence of the COVID-19 pandemic which has been announced by WHO has an impact on the world of education. This is because the government urges educational institutions to abolish face-to-face or offline learning to stop the transmission of COVID-19, as well as recommend implementing online or online learning. This change had an impact on the learning process, where previously teachers and students were accustomed to face-to-face learning and immediately turned online so they needed adaptation. This adaptation will affect the effectiveness of learning to achieve learning objectives. The purposes of this study are: 1) To find out the differences in the results of online and offline learning in the Fashion Design subject, 2) To find out the effectiveness of daring and luring learning media in the Fashion Design subject. This research uses the Literature Review method by reviewing appropriate research. Found 5 online learning articles and 5 offline learning articles. The results of this study are: 1) Offline learning gets 87.25% with very good classification and online learning gets 83.33% with very good classification. So it can be concluded that offline learning provides better learning outcomes than online learning in the subject of Fashion Design, 2) Offline learning media gets 82.73% results with very good classification and online learning media gets 81.85% results with very good classification, it can be concluded that offline learning media is more better than online learning media.