Wijanarko, Setiawan. 2021. Pengaruh Persepsi
Guru tentang Gender, Sikap Guru terhadap Siswa, dan Interaksi dalam
Pembelajaran terhadap Proses Pembelajaran Responsif Gender di SMK Bidang
Kepariwisataan. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi Kejuruan,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Luthfiyah
Nurlaela, M.Pd. dan (II) Dr. Maspiyah, M.Kes.
Kata Kunci: Persepsi guru
tentang gender, sikap guru, interaksi dalam pembelajaran, pembelajaran
responsif gender
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi guru tentang gender terhadap
pembelajaran responsif gender, (2) sikap guru terhadap pembelajaran responsif
gender, (3) interaksi dalam pembelajaran terhadap pembelajaran responsif
gender, (4) persepsi guru tentang gender terhadap interaksi dalam pembelajaran,
(5) sikap guru terhadap interaksi dalam pembelajaran, (6) persespsi guru
tentang gender terhadap pembelajaran responsive gender melalui interaksi dalam
pembelajaran, (7) sikap guru, dan interaksi dalam pembelajaran terhadap
pembelajaran responsif gender melalui interaksi dalam pembelajaran di SMK
Bidang Kepariwisataan.
Penelitian dengan pendekatan
kuantitatif ini menggunakan metode pengumpulan data kuisioner (angket) yang
terdiri dari kuisioner persepsi guru tentang gender, sikap guru terhadap siswa,
interaksi dalam pembelajaran dan pembelajaran responsif gender. Kuisioner
menggunakan skala likert dengan empat pilihan jawaban. Sampel penelitian
berjumlah 154 orang guru SMK bidang kepariwisataan di Surabaya. Teknik analisis
data pada penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis berupa uji t,
uji f, uji koefisien determinasi, path
analysis dan sobel test.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa,
(1) persepsi guru tentang gender berpengaruh langsung secara positif terhadap
pembelajaran responsif gender dengan nilai P=0,000. (2) Sikap guru kepada siswa
berpengaruh langsung secara positif terhadap pembelajaran responsif gender dengan
nilai P=0,038. (3) Interaksi dalam pembelajaran berpengaruh langsung secara positif
terhadap pembelajaran responsif gender dengan nilai P=0,001. (4) Persepsi guru
tentang gender berpengaruh langsung secara positif terhadap interaksi dalam
pembelajaran dengan nilai P=0,000. (5) Sikap guru kepada siswa berpengaruh langsung
secara positif terhadap interaksi dalam pembelajaran dengan nilai P=0,000. (6)
Persepsi guru tentang gender berpengaruh langsung secara positif terhadap
pembelajaran responsive gender melalui interaksi dalam pembelajaran dengan
nilai P=0,0109. (7) Sikap guru kepada siswa berpengaruh langsung secara positif
terhadap pembelajaran responsif gender melalui interaksi dalam pembelajaran dengan
nilai P=0,0031. Dapat disimpulkan bahwa tujuh hipotesis pada penelitian ini
diterima.