Implementation of Guided Inquiry Model to Improve Students Science Literacy on Earth and their Satellites Material
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model inkuiri terbimbing terhadap literasi sains pada materi Bumi dan Satelitnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui desain pretest-posttest dengan satu kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes literasi sains, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil tes dianalisis menggunakan uji t berpasangan dan menghitung effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Satelitnya mendapatkan kriteria terlaksana dengan sangat baik dengan modus 4. Kemampuan literasi sains peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan hasil uji t berpasangan sebesar 0,000 dan perhitungan effect size sebesar 1,823. Level literasi sains peserta didik setelah pembelajaran mayoritas berada pada level 4. Peningkatan kompetensi literasi sains yang paling besar yaitu pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 27,08 lalu indikator menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah sebesar 23,15 dan indikator merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah sebesar 6,29. Proses pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Satelitnya juga direspon sangat baik oleh peserta didik dengan 66,67% pernyataan bermodus 4. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi Bumi dan Satelitnya.
This study aims to describe the results of implementation guided inquiry model to scientific literacy in the Earth and Satellite material. The type of research used is descriptive through a pretest-posttest design with one group. The subjects in this study were 36 students in class VII-A at SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, even semester of the 2022/2023 academic year. Data collection techniques using observation, tests, and questionnaires. The research instruments were in the form of learning implementation observation sheets, scientific literacy tests, and student response questionnaire sheets. The test results were analyzed using the paired t test and calculating the effect size. The results showed that the implementation of learning using the guided inquiry model on the Earth and Satellite material obtained very well implemented criteria with mode 4. The students scientific literacy skills had increased as evidenced by the results of the paired t test of 0,000 and the calculation of the effect size of 1,823. The scientific literacy level of students after the majority learning is at level 4. The biggest increase in scientific literacy competence is in the indicator of explaining phenomena scientifically at 27,08 then the indicator of interpreting data and evidence scientifically at 23,15 and the indicator of designing and evaluating scientific investigations of 6,29. The learning process using the guided inquiry model on the Earth and Satellite material was also responded very well by the students with 66,67% of the statements in mode 4. Based on the description above, it can be concluded that the application of the guided inquiry model can increase students scientific literacy in the Earth and Satellite material.