Di Surabaya terdapat 10 titik perahu tambangan yang berada pada Sungai Surabaya dan Sungai Kalimas. Keberadaan perahu tambangan memang dibutuhkan masyarakat untuk menempuh jalur singkat ke sekolah atau ke tempat kerja, disisi lain keselamatan penggunaan perahu tambangan ini masih sangat kurang. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap keandalan dan keamanan angkutan penyeberangan sungai di Sungai Kota Surabaya sehingga bisa mewakili keinginan yang diharapakan pengguna
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Analisis data ini di peruntukan mengetahui penilaian kualiatas pelayanan yang telah diberikan pengelola kepada pengguna dilihat dari sisi bukti fisik, kehandalan, jaminan, empati dan daya tanggap. Instrument pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada 350 responden pengguna perahu tambangan, dokumentasi serta pengamatan langsung.
Hasil penelitian ini, menyatakan bahwa pengguna perahu tambangan belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak penyedia.
Kata Kunci : Sungai Surabaya, Perahu Tambangan, Persepsi Pengguna, Pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA)
In Surabaya, there are 10 mining boat points located on the Surabaya and Kalimas river. The existence of mining boats is needed by society to take a short route to go to school or workplace, on the other hand the safety of using the mining boat is still very lacking. The aim of this study is to know the user’s perception of the reliability and safety of crossing river transportation in Surabaya’s river, so that it can represent of the desire the user’s expectation.
This research is quantitative research with Importance Performance Analysis (IPA) method. This data analysis is intended to understand the assessment of quality service which has been given by manager to the users in terms of physical evidence, reliability assurance, empathy and responsiveness. Instrument data collection using questionnaires to 350 respondents mining boat users, documentation, and direct observation.
The result of this study, the mining boat users not satisfied yet with the provider mining boat service.
Keywords: Surabaya’s river, mining boat, user’s perception, servicing, Importance Performance Analysis (IPA).