ABSTRAK
Permana, Machfurloh Swega, 2019.Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepekaan Social Dan Prestasi Siswa Mts Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing : (I) Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D dan
(II) Dr. Harmanto, M.Pd.
Kata-kata Kunci : Pola asuh orang tua, kepekaan sosial, Prestasi siswa
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kepekaan sosial dan prestasi belajar siswa di MTs. Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura. .
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan angka sebagai data yang akan dianalisis dengan tes statistik. Penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif atau ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di MTs. Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura tahun pelajaran 2016-2017Pengambilan Sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh sehingga kesuluruhan populasi menjadi sampel. yang akan diambil oleh peneliti adalah seluruh populasi yang dijadikan sam Teknik ini digunakan karena jumlah siswa yang hanya sedikit dan tidak mencapai 100 orang .
Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian di MTs Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura adalah: (1) Bentuk pola asuh untuk sebagian besar orang tua adalah pola asuh otoriter, yang berarti bahwa sebagian besar orang tua MTs Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura menerapkan pola asuh otoriter sebanyak 67 ,3 %, demokratis 7,7 %, dan permisif 25 %.(2) siswa MTs TArbiyatul Ummah yang memiliki kepeaan social tinggi sebanyak 2 siswa, sedang 18 siswa, dan rendah 32 siswa. (3) Keadaan Presatasi siswa MTs TArbiyatul Ummah disimpulkan 23,1 % rat-rata nilainya tinggi, 32,7 % nilai rata-ratanya sedang, dan 44,2 % rata-rata nilainya rendah. (4) hasil uji anova menunjukkan 0,008<0,050sehingga hipotesis diterima, artinya ada pegarh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kepekaan social dan prestasi siswa MTs. TArbiyatul Ummah.
ABSTRACT
Permana, Machfurloh Swega, 2019. Influence of Parenting Parents Against Social Sensitivity and Student Achievement of MTs Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura. Thesis, Study Program on Social Studies.State University Of Surabaya
Supervisor : (I) Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D and
This study aims to determine the effect of parenting on social sensitivity and student achievement in MTs. Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura. .
This study uses a quantitative approach with numbers as data to be analyzed by statistical tests. This research is a comparative causal research or ex post facto. The population in this study were all students in MTs. Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura in the school year 2016-2017 Sampling uses non-probability sampling technique that is saturated sampling so that the entire population becomes a sample. Which will be taken by researchers is the entire population used as sam This technique is used because the number of students is only small and does not reach 100 people.
The conclusions that can be obtained in research at MTs Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura are: (1) The form of parenting for most parents is authoritarian parenting, which means that most parents of MTs Tarbiyatul Ummah Robatal Sampang Madura apply 67 authoritarian parenting , 3%, democratic 7.7%, and permissive 25%. (2) MTs TArbiyatul Ummah students who have high social interest are 2 students, 18 students are, and 32 students are low. (3) State of Presentation of MTs TArbiyatul Ummah students concluded that 23.1% had a high average score, 32.7% had a moderate average score, and 44.2% had an average low grade. (4) ANOVA test results showed 0.008 <0.050 so that the hypothesis was accepted, meaning that there was a significant impact between parenting parents on social sensitivity and MTs Tarbiyatul Ummah student achievement.