Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier pada kelas X. Penentuan subjek penelitian didasarkan untuk mengetahui keeratan hubungan perencanaan karier pada peserta didik sedini mungkin pada tingkatan SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik proporsional random sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji korelasi Pearson dan teknik korelasi berganda dengan bantuan rumus regresi berganda untuk mengetahui korelasinya.
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara pelibatan orang tua dengan perencanaan karier, self-efficacy dengan perancanaan karier, pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier ditunjukkan dengan P value 0,000 < 0,05 dengan keeratan hubungan yang kuat dilihat dari perolehan korelasi pada masing-masing variabel yang terdiri dari variabel pelibatan orang tua dengan perencanaan karier sebesar 0.498, variabel self-efficacy dengan perencanaan karier sebesar 0.634, variabel pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier sebesar 0.644.
Kata Kunci: pelibatan orang tua, self-efficacy, perencanaan karier
This study aims to perceive the correlation between parent involvement and self-efficacy with career planning 10th grade students. Determination of research subjects is based on knowing the closeness of career planning correlations in students as early as possible at the high school level using a sampling technique that is a proportional random sampling technique. The research method used is quantitative research methods and data collection methods used are using questionnaires. The data analysis technique used are Pearson correlation technique and multiple correlation technique with the help of multiple regression formulas to calculate the degree of correlation
The results of study are there is a significant correlation of parent involvement with career planning as indicated by P value 0,000 < 0,05 with a coefficient correlation of 0,498 indicating the closeness of a moderate correlation, there is a significant correlation of self efficacy with career planning as indicated by P value 0,000 < 0,05 with a coefficient correlation of 0,634 indicating a strong correlation, there is a correlation between parent involvement and self-efficacy with career planning indicated by P value 0,000 < 0,05 indicating a coefficient correlation amount of 0,644 which means it has a strong correlation.
Keywords: parent involvement, self-efficacy, career planning