Asesmen Digital Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Online Pasca Pandemi
Digital Assessment for English Speaking Skill in Post Pandemic Online Learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian digital keterampilan berbicara bahasa Inggris dalam pembelajaran online di kelas online SMA. Penilaian digital adalah teknik pengajaran untuk menilai kinerja berbicara yang mendorong guru untuk melakukan dan memberikan umpan balik melalui pembelajaran online. Penilaian digital menjadi sebuah teknik yang menguntungkan bagi guru yang melakukan pengajaran secara online dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran digital dan memanfaatkan teknologi untuk mengevaluasi hasil karya siswa. Penelitian ini juga mencoba untuk menyelidiki aspek kinerja berbicara melalui video berbicara sebagai tugas akhir siswa. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengungkap tantangan penggunaan penilaian video berbicara digital setelah guru melaksanakannya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII dan seorang guru di salah satu SMA yaitu Madrasah Aliyah Darul Ihsan Anggana di kawasan perkotaan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Untuk mengumpulkan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi digunakan untuk mengeksplorasi secara mendalam proses penilaian digital selama proses belajar mengajar. Selain itu, data lain diperoleh dari penampilan video berbicara siswa dan wawancara semi terstruktur. Wawancara semi terstruktur dilakukan untuk mengetahui persepsi guru mengenai tantangan setelah kelas berakhir.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pertama, dalam menerapkan penilaian digital dalam pembelajaran online guru memanfaatkan platform digital secara efektif melalui proses belajar mengajar online dalam pengajaran teks prosedur. Kedua, kemampuan berbicara yang tergambar dalam penilaian video digital adalah konten, penyampaian, dan kreativitas. Ketiga, data dari wawancara semi-terstruktur mengungkapkan bahwa selain kelebihannya dalam melakukan penilaian video digital, hal ini juga memiliki kelemahan karena kinerja berbicara siswa dinilai dengan menggunakan penilaian digital dalam bentuk video seperti kebisingan audio, kebisingan video, pengucapan, kefasihan, keterampilan digital dan bahasa tubuh
Melalui penelitian ini, penulis membuka gagasan untuk memberikan kesimpulan bahwa untuk mendapatkan manfaat dari penilaian digital, teknik ini harus didasarkan pada instruksi yang jelas dan persiapan yang baik untuk mencapai tujuan belajar mengajar. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki penerapan penilaian digital dalam berbagai topik pembelajaran.
This study aims to know how is the implementation of digital assessment for English speaking skill in online learning in online class of Senior High School. Digital assessment is a teaching technique to assess speaking performance that encourage teacher to conduct and provide feedback through online learning. Digital assessment becomes an advantageous technique for teacher who conducts online teaching by maximizing technology as digital learning tool and using technology to evaluate students’ work. This study also attempts to investigate the speaking performance aspects through speaking video as students’ final project. It is also meant to reveal the challenges on the use digital speaking video assessment after the teacher conducts it.
This study uses a qualitative research design, the subject of the study are the twelfth-grade students and a teacher in one of the Senior High School namely Madrasah Aliyah Darul Ihsan Anggana in an urban area of Kutai Kartanegara, East Borneo. To collect the data, observation, field notes, and documentation are used to explore in-depth dealing with the process of digital assessment during the teaching and learning process. In addition, other data are obtained from students’ speaking video performance and semi-structured interviews. The semi-structured interview is conducted to gain teacher’s perception on the challenges after the class ends.
The results of this study have revealed that firstly, in applying digital assessment in online learning the teacher make use of digital platform effectively through online teaching and learning process in teaching procedural text. Secondly, it is shown that speaking ability are portrayed in digital video assessment are content, delivery, and creativity. Thirdly, the data from a semi-structured interview reveals that aside from its advantages in conducting digital video assessment, it also has its disadvantages since students’ speaking performance are assessed by using digital assessment in the form of video such as audio noise, video noise, pronunciation, fluency, digital skill and body language.
Through this study, the writer opens the idea to give conclusion that to gain the benefit of digital assessment, this technique should be based on clear instructions and well preparation to meet the teaching and learning goal. Further research is needed to investigate in applying digital assessment in different learning topics.