Representasi Maskulinitas dalam Majalah Men's Health pada Iklan: Analisis Wacana Multimodal
The Representation of Masculinity in Men's Health Magazine on Advertisements: Multimodal Discourse Analysis
Iklan menjadi media yang menarik untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk. Laki-laki sebagai ciptaan maskulin menjadi salah satu visual yang menarik untuk mewakili produk dan menarik perhatian target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk membahas unsur visual dan unsur linguistik dalam iklan tersebut. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan interaksi dari unsur-unsur tersebut untuk menemukan penggambaran makna dan maskulinitas dalam iklan. Data yang digunakan adalah Nivea Creme, Ponds face wash, parfum Versace Eros dan sepatu Skechers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah visual images oleh Kress dan van Leeuwen (2006) dan SF-MDA oleh Halliday dan Matthiessen (2004), didukung kerangka Generic Structured Potential oleh Cheong (2004). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, terdiri dari kata, kalimat, maupun gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi maskulinitas berubah seiring waktu. Penggambaran maskulinitas seperti mulai bergaya, independen, aktif dalam berolahraga, dan karakter seperti petualang, kuat, tenang, dan tubuh yang berotot ditemukan di dalam data. Produsen menggunakan process material dengan goal, attributive, circumstance untuk mewakili produk kepada target pasar.