PENDIDIKAN SEKSUALITAS KOMPREHENSIF PADA LUKISAN KARYA CITRA SASMITA
COMPREHENSIVE SEXUALITY EDUCATION IN A PAINTING BY CITRA SASMITA
Kekerasan berbasis gender terus terjadi di tengah masyarakat. Salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memberi edukasi kepada masyarakat, yaitu dengan Pendidikan Seksualitas Komprehensif yang menggunakan pendekatan berbasis hak dan kesetaraan-keadilan gender. Proses edukasi ini dapat dilaksanakan di bangku pendidikan maupun di luar sekolah/universitas. Dengan begitu, proses pendidikan dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di ruang pamer dengan media karya seni. Salah satu seniman yang merespon permasalahan kekerasan berbasis gender sebagai ide penciptaan karyanya adalah Citra Sasmita. Ia mengungkapkan permasalahan kekerasan berbasis gender sebagai konsep penciptaan karyanya yang tentunya sangat menarik untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan metode kritik seni dan Components of Comprehensive Sexuality Education menurut International Planned Parenthood Association (IPPF) untuk mengetahui bagaimana deskripsi Lukisan karya Citra Sasmita dan bagaimana nilai-nilai pendidikan seksual komprehensif yang terkandung dalam lukisan karya Citra Sasmita. Penelitian ini menemukan bahwa dalam karya-karyanya Citra mencoba menampilkan realita-realita yang ia lihat dan alami sebagai perempuan dalam budaya patriarki. Selain itu, pada konsep-konsep lukisan karya Citra Sasmita juga terdapat nilai-nilai pendidikan seksualitas komprehensif diantaranya gender; kesehatan reproduksi dan HIV; hak sesksual dan hak asasi manusia; kepuasan; kekerasan; keragaman; dan hubungan manusia.
Kata kunci: Kekerasan, Pendidikan, Lukisan, Citra Sasmita
Gender-based violence continues to occur in society. One of the preventive measures that can be taken is to provide education to the community, namely through Comprehensive Sexuality Education that uses a rights-based approach and gender equality. This educational process can be carried out on the bench or outside the school/university. That way, the educational process can be carried out anywhere, one of which is in the exhibition room with the artwork media. One of the artists who responded to the issue of gender-based violence as an idea for her artwork creation was Citra Sasmita. She revealed the issue of gender-based violence as a concept for the creation of her artwork which is certainly very interesting to study. This study uses the art criticism method and the Components of Comprehensive Sexuality Education according to the International Planned Parenthood Association (IPPF) to find out how the descriptions of Citra Sasmita's paintings and the values of comprehensive sexual education are contained in Citra Sasmita's paintings. This research finds that in her artworks, Citra tries to present the realities she sees and experiences as a woman in a patriarchal culture. In addition, the concepts of the paintings by Citra Sasmita also contain the values of comprehensive sexuality education, including gender; reproductive health and HIV; sexual rights and human rights; satisfaction; violence; diversity; and human relations.
Keywords: Violence, Education, Painting, Citra Sasmita