PROSES PENILAIAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 1 LABANG
THE PROCESS OF ASSESSMENT OF PHYSICAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SMKN 1 LABANG
Pemerintah di Indonesia memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19, PJOK menjadi salah satu mata pelajaran yang juga harus menyesuaikan dengan PJJ, mulai dari pembelajaran secara daring dan juga proses penilaian yang berubah dari oflline menjadi online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penilaian pengetahuan dan keterampilan oleh guru PJOK, teknik yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat untuk memperoleh nilai. Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi dengan responden 2 guru PJOK. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK dengan jumlah responden 2 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Teknik analisis penelitian dengan model Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduction, display dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian diperoleh proses penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan setiap sub materi telah disampaikan, siswa mendapat nilai baik jika menjawab dengan benar soal ganda dan uraian sesuai dengan rubrik dan kriteria penilaian pengetahuan serta melaksanakan tugas gerak dengan baik sesuai kriteria penilaian keterampilan. Faktor pendukung dan penghambat selama proses penilaian adalah ketersediaan data seluler, sinyal, ketepatan pengumpulan tugas dan sarana prasarana. Kesimpulan penelitian ini adalah penilaian dilakukan secara daring yang ambil diakhir setiap materi disampaikan, teknik penilaian pengetahuan dengan tes tulis dan portofolio, teknik penilaian keterampilan dengan tes praktik melalui video, faktor pendukung dan penghambat selama proses penilaian yaitu keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas, ketersediaan data seluler, jaringan internet, sarana dan prasarana daring.
The government in Indonesia applies distance learning to reduce the impact of the spread of COVID-19, Physical education is one of the subjects that must also adapt to distance learning, starting from online learning and also the assessment process that changes from offline to online. This study aims to determine how the process of assessing knowledge and skills by Physical education teachers, the techniques used, and the supporting and inhibiting factors to obtain grades. This type of research is a survey with a qualitative approach, and the method of collecting data is unstructured interviews and documentation with 2 Physical education teachers as respondents. The subjects in this study were two physical education teachers as respondents. The sampling tecnique in this research is purposive sampling. The data analysis technique used the Miles and Huberman model through three stages of analysis, namely reduction, display and conclusion drawing/verification. The results of the process of assessing knowledge and skills carried out by each submitted sub-material showed that students got good scores if they answered multiple-choice questions and descriptions correctly based on the rubric and knowledge assessment criteria; and carried out the movement task properly according to the skills assessment criteria. Supporting and inhibiting factors during the assessment process are the availability of cellular data, signals, accuracy in collecting tasks, and infrastructure. The conclusion of this study is that the assessment is carried out online which is taken at the end of each material delivered, knowledge assessment techniques with written and portfolio tests; skills assessment techniques with practical test via video; and the supporting and inhibiting factors during the assessment process, namely student delays in collecting assignments, availability of cellular data, signals, online facilities, and infrastructure.