PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ‘SOCIAL PROBLEM’
KELAS XI DI SMAN 19 SURABAYA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA
'SOCIAL PROBLEM'
CLASS XI AT SMAN 19 SURABAYA
Berdasarkan permasalahan yang ada pada SMA Negeri 19 Surabaya, kelas XI mata pelajaran Sosiologi materi Permasalahan Sosial dalam Masyarakat, peserta didik kesulitan dalam mengingat istilah asing dan kesulitan menggambarkan materi dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran , guru memiliki keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi dan hanya menggunakan media berupa buku pelajaran. Karena kurangnya inovasi dan terbatasnya media pada saat pembelajaran, akibatnya peserta didik kurang memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik belum mencapai tujuan nilai ketuntasan belajar minimal (KBM). Berdasarkan permasalahan yang ada, dibutuhkan multimedia interaktif materi Permasalahan Sosial dalam Masyarakat mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengembangkan produk berupa multimedia interaktif, dan 2) untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi Permasalahan Sosial dalam Masyarakat pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D). Untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara terstruktur dan angket kelayakan. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran masuk ke dalam kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelebihan multimedia interaktif yang dikembangkan adalah pembelajaran lebih interaktif dan inovatif, memudahkan guru dalam memvisualisasikan materi, efiensi waktu, dan peserta didik mampu belajar mandiri dikarenakan materi disajikan dengan menarik serta kemudahan dalam perawatan dan penggunaan media.
Kata Kunci: Permasalahan Sosial dalam Masyarakat, Multimedia Interaktif, Pengembangan.
Based on the problems that exist in SMA Negeri 19 Surabaya, class XI in Sociology subject matter Social Problems in Society, students have difficulty remembering foreign terms and difficulty describing material in everyday life. In the learning process, teachers have limited time in delivering material and only use media in the form of textbooks. Due to the lack of innovation and limited media at the time of learning, as a result students have less motivation to take part in learning so that the learning outcomes of students have not reached the goal of minimum learning completeness (KBM). Based on the existing problems, interactive multimedia is needed on Social Problems in Society in Sociology subject for class XI IPS at SMA Negeri 19 Surabaya. The objectives of this study were 1) to develop products in the form of interactive multimedia, and 2) to determine the feasibility of interactive multimedia on Social Problems in Society in Sociology subject for class XI IPS at SMA Negeri 19 Surabaya. This development uses the Research and Development (R&D) model. To determine the feasibility of interactive multimedia, researchers used data collection techniques used were structured interviews and feasibility questionnaires. Based on the results of the feasibility test that has been carried out by material experts, media experts, and learning design experts, it falls into the criteria suitable for use in the learning process. The advantages of interactive multimedia that are developed are more interactive and innovative learning, making it easier for teachers to visualize material, time efficiency, and students are able to learn independently because the material is presented attractively and the ease of care and use of media.
Keywords: Social Problems in Society, Interactive Multimedia, Development