Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan game Jumanji Tiruan sebagai media pembelajaran PPKn; dan (2) menguji tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan efektifitas.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Borg dan Gall. Subjek ujicoba dalam penelitian ini ada tiga, yaitu validator, pengamat, dan pengguna atau peserta didik kelas X MA Al Falah Bangilan Tuban.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall sampai pada tahap 6 (enam) yang meliputi, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk. Proses pengembangan ini sejalan dengan menggunakan teori Kerucut Pengalaman Dale; dan (2) tingkat kelayakan media berdasarkan tingkat kevalidan yang diperoleh dari validasi ahli memperoleh rata-rata sebesar 84,9% dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan media yang dilihat dari respon peserta didik sebesar 95,7 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan tingkat keefektifan yang dinilai berdasarkan hasil tes peserta didik yang memperoleh nilai tuntas sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik, dan hasil observasi aktivitas peserta didik mendapatkan hasil 96,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa game Jumanji Tiruan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Jumanji Tiruan, PPKn.
This research aims to: (1) developing the game Jumanji Tiruan as learning media civic education; and (2) testing the level learning media by aspect validity, practicality and effectiveness.This type of research in research and development (R&D) according Borg and Gall. The subject trials in this study were three, that is expert validator, observers, and users or student of X MA Al Falah Bangilan Tuban.The result show: (1) development process based on the Borg and Gall development model to stage 6 (six), that is, potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions and product trials. This development process is in line with using theory of the Dale’s Cone Experience; and (2) the level of media feasibility based on the level of validity obtained from expert validation an average of 84,9% with very decent categories. The level of practicality of the media from seen response of students by 95,7% with very good categories. While the level of effectiveness is assessed based on the test results of students who get complete grade by 83,3% with very good categories and observation of the activities student get result 96,1% with very good categories. Thus, it was concluded that game Jumanji Tiruan are very worthy of being used as civic education learning media.Keyword : Learning Media, The Game Jumanji Tiruan, Civic Education.