Development of Learning Materials Based on Inquiry in Protist Materials to Practice Creative Thinking Skills
Pada era 4.0 pembelajaran harus memiliki suatu kegiatan yang melatihkan keterampilan berpikir, salah satunya ialah keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi protista untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa, serta mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran sebelum diujicobakan divalidasi oleh dua orang validator ahli bidang pendidikan dan materi. Selanjutnya perangkat pembelajaran diujicobakan pada 32 orang siswa dari kelas MIPA SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan teknik validasi, observasi, tes dan angket. Setelah menggunakan perangkat pembelajaran, data validitas, kepraktisan dan keefektifan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid; (2) pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan baik; (3) keefektifan yang diperoleh berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan skor N-gain dengan kategori baik dan respons yang diberikan oleh siswa mendapatkan penilaian positif terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi protista untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA kelas X layak digunakan, praktis, dan efektif.
In the era 4.0, learning must have an activity to train thinking skills, and one of which is creative thinking skills. This research aims to produce student learning materials based on inquiry in protist materials to practice creative thinking skills and to describe validity, practicality, and effectiveness. This type of research used one group pretest and posttest design. This research referred to 4D model that consisted of Define, Design, and Develop, without Disseminate phase. The validity of learning materials was measured based on assessment of lecture education and material experts. Trial phase was involved 32 students of grade X MIPA SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. The data were analyzed using descriptive quantitative. The data were collected using validation technique, observation, test and questionnaire. The result of research reveal that: (1) the validity of learning materials are categorized as valid; (2) learning implementation categorized is good; (3) effectiveness seen from result of creative thinking test of student have increase with score of N-gain categorized high and student give positive response to learning. Based on the results of this study, it can be concluded that the learning materials based on inquiry in protist materials to practice creative thinking skills was valid, practical, and effective.