ANALISIS PERSPEKTIF PESERTA DIDIK, GURU DAN CALON GURU FISIKA TENTANG ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)
A PERSPECTIVE ANALYSIS OF STUDENT, TEACHERS AND PHYSICS TEACHERS CANDIDATES ABOUT ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif peserta didik, guru dan calon guru fisika tentang AKM. Penelitian ini menggunakan desain mixed method yang dilakukan di SMAN 17 Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya dengan memberikan angket dan wawancara. Penelitian dilakukan tanggal 25 November sampai 7 Desember 2021 sebanyak 103 responden. Teknik analisis data kuantitaf menggunakan uji Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dan Bartlett’s serta uji Cronbach’s Alpha Coefficient, sedangkan data kualitatif menggunakan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan pada uji Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dan Bartlett’s sebesar 0,691 dan 0,584, adapun pada uji Cronbach’s Alpha Coefficient sebesar 0,782 dan 0,752. Dengan demikian penelitian ini valid dan reliabel. Perspektif peserta didik, guru dan calon guru fisika setuju dengan pelaksanaan AKM sebagai pengganti Ujian Nasional. Responden menyatakan soal AKM lebih kompleks daripada Ujian Nasional. AKM belum dapat dijadikan sebagai syarat kelulusan dan dasar acuan untuk merumuskan pendidikan di Indonesia karena masih baru diterapkan. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan AKM yaitu dengan memberikan bimbingan kepada peserta didik. AKM dapat diintegrasikan pada pembelajaran fisika. Dalam hal ini, materi fisika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian yang membahas hasil pelaksanaan AKM masih sedikit. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan peserta didik, guru dan calon guru fisika belum setuju AKM dijadikan sebagai dasar acuan maupun syarat kelulusan. Soal fisika dapat dijadikan seperti AKM yang mengaitkan dengan lingkungan. Penelitian yang terkait hasil pelaksaan AKM masih belum banyak, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut.
Kata kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Perspektif, Peserta Didik, Guru dan Calon Guru Fisika
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) is one device used to measure students' ability. This study aims to tell students, teachers and physics teachers candidates about AKM. This study used a mixed method design at SMAN 17 Surabaya and Universitas Negeri Surabaya by giving questionnaires and interviews. The study was implemented from November 25 to Desember 7 2021, with 103 respondents. The quantitative data analysis technique used Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) and Bartlett's test include Cronbach's Alpha Coefficient test, while the data qualitative used reduction, presentation and conclusion. Based on the results of the analysis of research data obtained on the Kaiser-Meyer-Olkin test (KMO) and Bartlett's of 0,691 and 0,584, while in Cronbach's Alpha Coefficient of 0,782 and 0,752. Thus this study is valid and reliable. The perspectives of students, teachers and physics teachers candidates agree with implementing the AKM as a substitute for the National Examination. Respondents stated that the AKM was more complex than the National Examination. However, the AKM cannot be used as a graduation requirement and a reference basis for formulating education in Indonesia because it is still being implemented. Need some preparation before implementation of AKM, such as guiding students. AKM can be integrated into physics learning. In this case, physical theory is associated with everyday life. Research that discusses the results of AKM implementation is a little bit. Based on the results of the research can be concluded that students, teachers and physics teachers candidates disagree with the AKM as the basis for reference and graduation requirements. Physics problems can be used as an AKM associated with the environment. Research related to the results of AKM implementation is not too much, so the research needs to follow up.
Keywords : Asesmen Kompetensi Minimum, Perspective, Students, Teacher and Physics Teachers Candidates